5 Fakta Menarik Tentang Marina Trench, Palung Terdalam Di Dunia

Travel | Kamis, 21 Oktober 2021 18:00

Reporter : Sheila Fathin

Mariana Trench masih menjadi misteri hingga saat ini

Ketika kita melihat Gunung Everest, gunung itu merupakan gunung tertinggi di dunia. Bayangkan saja dengan tinggi 8.849 m, gunung Everest sudah terlihat paling menjulang tinggi diantara semua gunung yang ada. Banyak orang pun yang sudah bisa menaklukan ketinggian tersebut. Tapi bagaimana jika kebalikannya? Bagaimana dengan tempat terdalam di bumi seperti Mariana Trench? Adakah yang sudah bisa menaklukkannya?

Mariana Trench Mariana Trench © instagram.com/travelingyukcom

Mariana Trench merupakan palung terdalam di dunia di mana palung ini membentang sepanjang 2550 km dengan lebar 63 meter dan kedalaman hingga 11 km. Palung ini terletak di barat Samudera Pasifik sampai ke timur pulau Mariana. Namun, karena kedalamannya ini melebihi tinggi dari Gunung Everest, belum ada orang yang bisa masuk ke kedalaman Mariana Trench.

Tentunya Mariana Trench ini banyak menyimpan misteri yang masih belum bisa diungkap hingga saat ini. Untuk kamu yang ingin lebih mengetahui tentang Mariana Trench, berikut ini fakta-faktanya!

5 Fakta Menarik Tentang Marina Trench, Palung Terdalam Di Dunia
2 dari 6 halaman

Memiliki Ketinggian Lebih dari Gunung Everest

Hal yang menarik dari Mariana Trench ini kalau sama-sama dibandingkan jarak ketinggiannya, Mariana Trench jauh lebih tinggi daripada Gunung Everest. Hal ini juga sudah diteliti oleh para peneliti mengenai kedalaman Mariana Trench yang tidak ada ujungnya dan tidak bisa ditemukan.

3 dari 6 halaman

Memiliki Zona Misterius

Mariana Trench memiliki zona misterius yang sangat jarang dieksplorasi. Karena kedalamannya yang memang sangat dalam, membuat Mariana Trench ini dibagi menjadi empat zona. Menurut penelitiannya, zona litoral dan bathyal mewakili permukaan laut hingga kedalaman 3 km ke bawah. Zona abisal mencapai kedalaman 6 km dan zona handal yang digunakan untuk menyebut tingkat kedalaman melebihi 6 km di bawah permukaan laut. 

Masalahnya, jika kamu menyelam di Mariana Trench tanpa menggunakan alat bantu maka siapa saja yang berenang mencapai zona abisal akan meninggal. Namun, aneh dan menariknya walau termasuk zona mati, tetapi di sana terdapat tumbuhan dan hewan dengan habitat yang unik bisa tumbuh di sana.

4 dari 6 halaman

Tekanan Sangat Tinggi

Tekanan yang terjadi di dalam Mariana Trench ini sangat luar biasa menyeramkan. Tekanan air di sana membuat kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra  untuk menyelam. Selain itu, semakin dalam kamu mencoba menyelam kondisi tubuh manusia tidak didesain mampu menahan tekanan yang sangat tinggi. Hal itu juga bisa menyebabkan terganggunya gendang telinga manusia.

5 dari 6 halaman

Sudah Terbentuk Selama 180 Juta Tahun

Berdasarkan penelitian yang ada Mariana Trench ini sudah terbentuk sejak 180 juta tahun lalu yang disebabkan adanya tumbukan antara dua lempeng yang berasal dari lempengan tektonik Pasifik dan juga lempengan Filipina. Selain itu, kalau kamu berenang dan menyelam di Mariana Trench suhu yang dirasakan akan semakin dingin karena cahaya matahari saja tidak bisa tembus ke dalam.

6 dari 6 halaman

Muncul Ikan Unik Bernama ‘Seadevil’

Hewan unik pertama yang terdeteksi adalah ikan yang menyeramkan. Ikan menyeramkan ini namanya ikan Seadevil. Ikan ini memiliki lampu penerangan di dekat kepalanya untuk menarik mangsa mendekatinya. 

Mungkin itu beberapa fakta tentang Mariana Trench yang sedikit bisa diulas. Karena sampai saat ini masih banyak misteri yang belum diungkap dan ditemukan terkait Mariana Trench ini.

Join Diadona.id