5 Kota dan Kabupaten Terkaya di Indonesia, Kebanyakan Ada di Luar Jawa?

Reporter : Nasa
Jumat, 9 Oktober 2020 11:23
5 Kota dan Kabupaten Terkaya di Indonesia, Kebanyakan Ada di Luar Jawa?
Kotamu masuk gak ya?

Indonesia belakangan dikenal sebagai salah satu negara dengan ekonomi yang masih terus bertumbuh, seiring dengan perkembangan era digital. Sayangnya, pertumbuhan Indonesia masih belum berbanding lurus dengan pemerataan ekonomi di semua kawasan.

Tak heran kalau masih banyak kawasan di Indonesia yang miliki pendapatan jauh lebih rendah dibanding dengan kawasan lainnya. Namun ada juga sejumlah daerah yang menduduki posisi tertinggi, berdasar hitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Menurut laman Warta Ekonomi, Jumat (9/10/2020), lima Kota dan Kabupaten di Indonesia disebut menduduki posisi tertinggi berdasarkan PDRB. Nah, PDRB sendiri adalah jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian daerah.

Ini dia 5 Kota dan Kabupaten terkaya di Indonesia yang ternyata didominasi oleh daerah di luar Jawa :

1 dari 5 halaman

1. Jakarta Pusat

Jakarta Pusat © Diadona

Jakarta Pusat sebagai kota administrasi Republik Indonesia bertengger di posisi pertama dengan PDRB di angka Rp 692,24 juta per kapita. Daerah ini dikenal sebagai pusat berkumpulnya banyak perusahaan, pusat perbelanjaan, hingga gedung pemerintahan.

2 dari 5 halaman

2. Teluk Bintuni

Kabupaten Teluk Bintuni © Diadona

Kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Barat ini mencatatka PDRB sebesar Rp 457,93 juta per kapita. Kabupaten dengan populasi penduduk 80.115 ini disebut miliki PDRB empat kali lipat besarnya dari PDRB per kapita ibu kota Jayapura.

3 dari 5 halaman

3. Kediri

Kota Kediri © Diadona

Kemudian ada Kota Kediri yang menduduki posisi ketiga dengan PDRB mencapai Rp 449,23 per kapita. Kota Kediri dikenal dengan keberadaan industri rokok besar seperti Gudang Garam.

4 dari 5 halaman

4. Kepulauan Anambas

Kabupaten Kepulauan Anambas © Diadona

Posisi keempat diduki oleh Kabupaten Kepulauan Anambas dengan PDRB sebesar Rp 401,86 juta per kapita. Kepulauan Anambas sendiri dikenal sebagai salah satu daerah terpencil. Meski terpencil, kawasan tersebut dikenal kaya akan sumber daya minyak dan gas.

5 dari 5 halaman

5. Mimika

Kabupaten Mimika © Diadona

Kemudian posisi kelima diduduki oleh Kabupaten Mimika dengan PDRB mencapai Rp 396,04 per kapita. Kabupaten Mimika disebut menjadi salah satu daerah terkaya di Indonesia, hingga menjadi lokasi tambang terbesar di Indonesia, yakni PT Freeport Indonesia.

Nah itu dia dereta Kota dan Kabupaten di Indonesia yang menduduki ranking 5 besar, berdasar besaran PDRBnya. Beruntunglah kamu kalau tinggal di salah satu kota atau kabupaten tersebut.

Beri Komentar