7 Bandara dengan Landasan Pacu Ekstrem dari Seluruh Dunia

Travel | Jumat, 19 November 2021 14:20

Reporter : Bagus Prakoso

Hanya segelintir pilot berpengalaman yang bisa mendaratkan pesawatnya di bandara-bandara ini.

Bandara merupakan tempat di mana pesawat terbang lepas landas dan juga mendarat. Bandara memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai dengan area yang luas untuk bisa mengakomodir pesawat terbang dengan ukuran yang cukup besar.

Namun, beberapa bandara ini justru dikenal sebagai bandara paling berbahaya di dunia. Hal ini karena letaknya yang tak biasa sehingga hanya pilot profesional saja yang bisa mendaratkan pesawatnya di bandara ini.

Di mana saja bandara-bandara ekstrem itu? Yuk kita jelajahi!

7 Bandara dengan Landasan Pacu Ekstrem dari Seluruh Dunia
2 dari 8 halaman

1. Madeira, Portugal

Bandara MadeiraBandara Madeira © wikimedia.org/Jarle Vines

Bandara Madeira merupakan sebuah bandar udara internasional yang berlokasi di dekat Funchal, Madeira, Portugal. Melansir dari CNN, Bandara Madeira ini menjadi bandar udara paling berangin di dunia.

Bandara ini juga berada di tepi tebing laut yang sangat curam. Saat cuaca laut memburuk, seluruh aktivitas penerbangan yang ada di bandara ini akan ditutup.

3 dari 8 halaman

2. Leh, India

Bandara LehBandara Leh © filckr.com/caffeineAM

Bandar Udara Leh Kushok Bakula Rinpoche ata Bandara Leh, adalah bandara yang terletak di Leh, Jammu dan Kashmir, India. Melansir dari berbagai sumber, bandara ini menjadi salah satu bandar udara tertinggi di dunia.

Bandara ini terletak di ketinggian 3256 mdpl. Landasan pacunya dikelilingi gunung, sehingga sangat berangin dan sering mendung. Hanya pilot-pilot berpengalaman yang boleh mendaratkan pesawat kecil di bandara Leh ini.

4 dari 8 halaman

3. Saint Maarten, Belanda

Bandara Saint MaartenBandara Saint Maarten © viator.com

Bandar Udara Internasional Putri Juliana atau Bandara Saint Maarten adalah sebuah bandar udara yang berada di bagian Belanda dari Pulau Saint Martin.

Bandara ini menjadi salah satu bendara yang terunik dan terekstrem yang ada di dunia. Hal ini karena landasan pacunya yang menyatu dengan pantai. Jika sang pilot salah perhitungan saat pendaratan bisa-bisa malah menabrak seluruh pengunjung pantai, serem banget.

5 dari 8 halaman

4. Bandara Paro, Bhutan

Bandara ParoBandara Paro © indiatimes.com

Bandara Paro merupakan salah satu bandara yang terletak di Paro, Bhutan. Bandara ini merupakan satu-satunya Bandara Internasional di Bhutan.

Bandara ini memiliki landasan yang cukup curam sehingga hanya pilot berpengalaman saja yang bisa mendaratkan pesawat di sini. Bahkan segelintir pilot berpengalaman yang bisa mendarat di sini pada saat matahari masih terik demi visibilitas.

6 dari 8 halaman

5. Innsbruck, Austria

Bandara InnsbruckBandara Innsbruck © airliners.net/Balzs Pinter

Bandara Innsbruck merupakan salah satu Bandara Internasional yang ada Austria. Bandara ini, pilot harus membuat pesawat menukik dan berbelok tajam untuk mendarat.

Meskipun landasannya lebar, namun pilot harus tetap berhati-hati karena kanan dan kirinya merupakan tebing gunung es.

7 dari 8 halaman

6. Bandara Congonhas, Brasil

Bandara CongonhasBandara Congonhas © youtube.com/Swiss001

Bandar Udara Congonhas merupakan salah satu bandar udara komersial di Sao Paulo dan terletak 8 kilometer dari pusat kota Avenida Washington Luis.

Landasan pacu Bandara Congonhas berada di tengah pemukiman padat penduduk. Para penduduk akan merasakan sedikit jantung berdesir saat pesawat terbang rendah menjelang landing.

8 dari 8 halaman

7. Bandara Lukla, Nepal

Bandara LuklaBandara Lukla © wikimedia.org/Jeremy Broomfield

Bandar Udara Tenzing-Hillary, atau disebut Bandara Lukla adalah bandar udara kecil di kota Lukla, Khumbu, Distrik Solukhumbu, Zona Sagarmatha, Nepal Timur.

Melansir dari CNN, bandara ini jadi salah satu bandara paling berbahaya di dunia karena landasan pacunya sempit dan curam. Bahkan, kanan kirinya merupakan jurang. Jalur landasan dibuat menanjak untuk menahan laju pesawat.

Join Diadona.id