7 Wisata Pendakian yang Udah Dibuka di Era New Normal! Siap-Siap ke Mana Nih?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 2 Juli 2020 13:20
7 Wisata Pendakian yang Udah Dibuka di Era New Normal! Siap-Siap ke Mana Nih?
Beberapa Wisata Gunung di Indonesia sudah dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pandemi virus Corona COVID-19 memang banyak memengaruhi berbagai sektor. Salah satu sektor yang paling terdampak adalah wisata. Beberapa tempat wisata harus tutup untuk menghindari kerumunan.

Namun, di era new normal ini, beberapa tempat wisata sudah mulai membuka untuk umum namun tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satunya adalah wisata pendakian.

Nah, kali ini, diadona.id akan mengulas beberapa gunung yang sudah dibuka untuk jalur pendakian. Di mana saja itu? dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 8 halaman

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan © Diadona

Wisata pendakian yang pertama adalah Gunung Papandayan. Wisata Gunung Papandayan telah dibuka per 8 Juni 2020. Meskipun sudah dibuka, namun tetap harus menerapkan aturan new normal. Pastikan untuk selalu menggunakan masker dan patuhi protokol kesehatan yang diterapkan di kawasan wisata Gunung Papandayan. 

2 dari 8 halaman

Gunung Guntur di Garut

Gunung Guntur © Diadona

Wisata yang kedua adalah Gunung Guntur. Jalur pendakian Gunung Guntur di Garut telah dibuka kembali pada 12 Juni lalu. Untuk bisa melakukan pendakian di sini, kamu perlu menerapkan aturan new normal yang ditetapkan di kawasan wisata Gunung Guntur, dengan membawa masker, dan hand sanitizer. Untuk yang akan melakukan camping, juga diwajibkan untuk membawa surat keterangan sehat.

3 dari 8 halaman

Gunung Singgalang

Gunung Singgalang © Diadona

Wisata pendakian berikutnya adalah Gunung Singgalang. Gunung Singgalang terletak di kabupaten Agam. Pendakian ini telah dibuka pada 10 Juni lalu dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

4 dari 8 halaman

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu © Diadona

Nah, Gunung yang terkenal dengan legenda Sangkuriang ini juga telah dibuka lho. Dengan protokol kesehatan yang cukup ketat, diharapkan wisata pendakian di sini bisa tetap berjalan namun tetap aman. Untuk pengunjung yang akan melakukan pendakian akan dilakukan cek suhu tubuh. Kemudian diwajibkan menggunakan masker, dan dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

5 dari 8 halaman

Gunung Lawu

Gunung Lawu © Diadona

Gunung Lawu juga telah dibuka 21 Juni lalu. Namun, pembukaan ini sangat terbatas karena masih dalam tahap uji coba pemberlakuan protokol kesehatan di era new normal. Jika pemberlakuan ini berjalan dengan baik, maka pembukaan secara penuh dapat dilakukan.

6 dari 8 halaman

Gunung Marapi Sumatra

Gunung Marapi © Diadona

Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat juga sudah dibuka pada 7 Juni lalu. Namun, tidak semua jalur pendakian dibuka. Hanya via jalur pendakian Koto Baru saja yang bisa diakses oleh para wisatawan.

7 dari 8 halaman

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray © Diadona

Wisata pendakian yang sudah dibuka adalah Gunung Cikuray. Wisata Gunung Cikuray sudah dibuka 20 Juni lalu. Beberapa jalur pendakian yang bisa diakses adalah via jalur Pamalayan, Bayongbong, dan Kiara Janggot. Selain itu, penerapan protokol kesehatan juga diterapkan di tempat ini.

Beri Komentar