8 Rumah Hantu Terkenal di Indonesia Ini Dijamin Bikin Bulu Kuduk Merinding, Ada yang Jadi Tempat Wisata

Travel | Kamis, 9 Desember 2021 16:20

Reporter : Bagus Prakoso

Beberapa rumah hantu ini punya latar belakang cerita yang di luar nalar sehingga bikin siapa saja merinding saat melewatinya.

Bicara soal rumah hantu, selalu bisa bikin bulu kuduk berdiri. Rumah hantu biasanya menyimpan kisah-kisah mistis yang menghiasi berdirinya rumah tersebut. Bahkan, beberapa warga yang tinggal di sekitar rumah hantu kebanyakan mendapat gangguan dari makhluk halus yang menghuni rumah tersebut. Meskipun begitu, rumah hantu kini sudah biasa dijadikan tempat wisata di beberapa tempat.

Nah, ternyata, di Indonesia juga punya banyak rumah-rumah hantu yang cukup terkenal. Di mana aja itu?

8 Rumah Hantu Terkenal di Indonesia Ini Dijamin Bikin Bulu Kuduk Merinding, Ada yang Jadi Tempat Wisata
2 dari total 9 halaman

1. Rumah Ambulance Bahureksa

Rumah Ambulance Bahureksa © Diadona

Rumah ini terletak di Jalan Bahureksa Nomor 15, Bandung. Sesuai dengan namanya, rumah ini terkenal dengan ambulans yang selalu mejeng di depan rumah.

Warga sekitar menceritakan bahwa ambulans tersebut seringkali terlihat berkeliling kota tanpa ada yang mengemudikannya.

3 dari total 9 halaman

2. Rumah Keluarga Tak Kasat Mata

Rumah Keluarga Tak Kasat Mata © Diadona

Dalam sebuah thread di Kaskus, pernah beredar sebuah cerita rumah yang ditinggali oleh seseorang bernama Genta. Ia menuliskan bagaimana pengalaman-pengalamannya seperti diganggu makhluk gaib, suara yang tak jelas asal-usulnya, serta aroma-aroma misterius yang tak tahu dari mana asalnya.

Rumah ini disebut sebagai rumah paling angker di Jawa. Cerita ini kemudian yang menginspirasi film 'Keluarga Tak Kasat Mata'.

4 dari total 9 halaman

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu © Diadona

Meskipun bukan sebuah rumah, namun Lawang Sewu menjadi salah satu gedung paling angker yang ada di Indonesia. Banyak kisah-kisah mistis yang menghiasi gedung ini. Bahkan, Lawang Sewu pernah dijadikan tempat uji nyali yang sempat viral karena nampak jelas penampakan kuntilanak yang menghantui peserta.

Gedung yang kini jadi tempat wisata sejarah di Semarang ini juga menjadi inspirasi film berjudul 'Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak'

5 dari total 9 halaman

4. Rumah Pondok Indah

Rumah Pondok Indah © Diadona

Rumah Pondok Indah menjadi salah satu rumah paling angker di Indonesia. Rumah ini terletak di Jakarta Selatan dan disinyalir jadi tempat pembantaian sebuah keluarga. Ada juga yang menyebut banyak warga sekitar pernah diganggu oleh para 'penunggu' rumah tersebut.

Meskipun begitu, kabar ini masih simpang siur. Kabarnya, rumah ini sudah tidak ada karena telah diratakan dengan tanah.

6 dari total 9 halaman

5. Rumah Fletterman

Rumah Fletterman © Diadona

Rumah Fletterman berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Rumah ini merupakan bekas peninggalan zaman kolonial dan menjadi tempat syuting film 'Beranak Dalam Kubur' yang dibintangi Suzzana.

7 dari total 9 halaman

6. Rumah Tua, Pangalengan (Rumah Pengabdi Setan)

Rumah Pengabdi Setan © Diadona

Kalau pernah nonton film 'Pengabdi Setan' pasti udah gak asing lagi dengan rumah ini. Ghost Photography Community (GPC) pernah menyambangi kediaman ini. Faktanya, banyak sekali penampakan, bau, dan suara yang tak jelas asal-usulnya.

8 dari total 9 halaman

7. Rumah Gurita

Rumah Gurita © Diadona

Rumah Gurita yang ada di Bandung ini terkenal dengan kisah mistisnya. Tempat ini dipercaya sebagai tempat para pemuja aliran sesat atau gereja setan.

9 dari total 9 halaman

8. Rumah Kentang

Rumah Kentang © Diadona

Rumah Kentang terletak di Jalan Aceh, Bandung. Rumahnya terlihat damai dan bersih jika dilihat dari luar. Namun dibalik keasriannya, tempat ini menyimpan kisah yang menyedihkan.

Kabarnya, dulu seorang ibu meninggalkan kentang yang sedang direbus pada malam hari dan anaknya yang masih kecil tak sengaja tercebur ke dalamnya. Setelah kejadian tersebut, beredar kabar jika terdapat fenomena mistis di mana rumah ini sering mengeluarkan bau kentang pada malam hari.

Join Diadona.id