8 Wisata Kawah Ijen Banyuwangi dan Sekitarnya yang Paling Menarik dan Musti Kamu Kunjungi

Reporter : Nasa
Jumat, 13 Agustus 2021 08:57
8 Wisata Kawah Ijen Banyuwangi dan Sekitarnya yang Paling Menarik dan Musti Kamu Kunjungi
Yuk simak deretan rekomendasi Wisata Kawah Ijen berikut ini.

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu destinasi andalan wisata alam dengan pemandangan terindah di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Buat kamu yang masih bingung pengen berkunjung ke mana di momen liburan kali ini, bisa banget nih coba pertimbangin untuk berkunjung ke Kawah Ijen.

Kawah nan indah bisa kamu dapati di Gunung Ijen yang merupakan sebuah gunung berapi di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.386 mdpl dan tercatat terakhir kali meletus tahun 1999.

Kawah Ijen sendiri juga terkenal seantero dunia berkat fenomena Blue Fire hingga sunrise pointnya yang tak bisa ditemui di sembarang tempat. Tak heran jika wisata Kawah Ijen Banyuwangi selalu jadi daya tarik wisata menarik yang selalu jadi incaran para traveller.

Selain kawah Ijen itu sendiri, ternyata banyak juga loh deretan wisata Kawah Ijen Banguwangi dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Ini dia deretan rekomendasinya :

1 dari 9 halaman

1. Kawah Wurung

Wisata Kawah Ijen - Kawah Wurung © Diadona

Rekomenasi pertama wisata Kawah Ijen Banyuwangi dan sekitarnya yang musti kamu kunjungi adalah Kawah Wurung. Jaraknya sekitar 4 km dari Kawah Ijen, Di sana, kamu bisa mendapati indahnya pemandangan perbulitan hijau yang dijuluki bukit Teletubbies.

2 dari 9 halaman

2. Kawah Bulan Sabit

Wisata Kawah Ijen - Kawah Bulan Sabit © Diadona

Kemudian ada Kawah Bulan Sabit yang lokasinya berada di ketinggian 2.800 mdpl. Keindahan Kawah Bulan Sabit ini terdiri dari hamparan kawah yang di bagian tengahnya terdiri dari gundukan berbentuk seperti bulan sabit.

3 dari 9 halaman

3. Air Terjun Kampung Anyar

Wisata Kawah Ijen - Air Terjun Kampung Anyar © Diadona

Selain itu, ada Air Terjun Kampung Anyar yang lokasinya ada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kec Glagah, Air Terjun Kampung Anyar sendiri memiliki tiga aliran air terjun yang dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan hijau yang menyejukkan.

4 dari 9 halaman

4. Air Terjun Kalibendo

Wisata Kawah Ijen - Air Terjun Kalibendo © Diadona

Selanjutnya, ada Air Terjun Kalibendo yang letaknya berada di Dusun Kampung Anyar. Air Terjun Kalibendo ini menawarkan pemandangan alam alam asri yang menyejukkan. Keindahan air terjun setinggi 10 meter bisa kamu dapati sembari menikmati percikan airnya.

5 dari 9 halaman

5. Air Terjun Blawan

Wisata Kawah Ijen - Air Terjun Blawan © Diadona

Berikutnya, yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Blawan yang lokasinya ada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Air Terjun Blawan disebut mengandung kadar belerang tinggi, mengingat lokasinya yang tak jauh dari kawah Ijen.

6 dari 9 halaman

6. Air Terjun Kali Pait

Wisata Kawah Ijen - Air Terjun Kali Pait © Diadona

Lalu ada Air Terjun Kali Pait yang merupakan aliran air terjun yang juga mengandung belerang. Air Terjun Kali Pait juga dihiasi dengan bebatuan alam yang membuat panorama sekitar menjadi terlihat makin indah.

7 dari 9 halaman

7. Desa Taman Sari

Wisata Kawah Ijen - Desa Taman Sari © Diadona

Ada pula Desa Taman Sari yang merupakan desa yang dihuni oleh suku asli Kabupaten Banyuwangi, yakni suku Osing. Saat mengunjungi desa tersebut, tentu kamu bisa langsung melihat tradisi dan kebiasaan masyarakat setempat.

8 dari 9 halaman

8. Pemandian Air Panas

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi - Pemandian Air Panas © Diadona

Pemandian air panas di sekitar Kawa Ijen juga harus kamu coba datangi saat berlibur ke Banyuwangi. Air dengan kandungan belerang cukup tinggi bisa membuat kulitmu makin sehat. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus menghilangkan penat saat berkunjung ke sana.

9 dari 9 halaman

Paket Wisata Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen - Paket Wisata Kawah Ijen © Diadona

Buat kamu yang sama sekali belum pernah berkunjung ke Kawah Ijen, bisa coba pilih paket wisata Kawah Ijen nih Diazens. Kamu bisa dapatkan fasilitas 'guide' dari Banyuwangi, tanpa khawatir memikirkan transportasi apa yang bisa kamu gunakan menuju lokasi wisata.

Itenerery Open Trip Kawah Ijen
00.30 : Penjemputan di area Banyuwangi Kota
(Batas max. Wil Utara : Pelabuhan Ketapang. Batas max Wil Selatan : Hotel El-Royale)
00.35 : Perjalanan menuju Paltuding
01.30 : Sampai di Paltuding, persiapan
02.00 : Pendakian menuju Kawah Ijen
04.00 : Trip Kawah Ijen (Blue Fire/Sunrise/Kawah)
06.00 : Turun menuju Paltuding
07.30 : Menuju Air Terjun Jagir
08.00 : Air Terjun Jagir (opsional : melihat kondisi peserta 1 dengan lainnya)
08.30 : Kembali ke meeting point
09.00 : Sayonara!
Price
Setiap hari berangkat & tidak ada minimal peserta
IDR 200.000 / orang ( Domestik )
IDR 300.000 / orang / weekday II IDR 350.000 / weekend ( Mancanegara )
Includes
Transport PP menuju Kawah Ijen (dari & ke Kota Banyuwangi )
Tiket masuk Kawah Ijen
Air Mineral
Tour Guide
Sewa gas masker
Asuransi yang terlampir di tiket Kawah Ijen

Untuk info lebih lanjut kamu bisa klik di dini.

Nah itu dia ulasan mengenai Wisata Kawah Ijen yang terdiri dari Wisata Kawah Ijen Banyuwangi dan Paket Wisata Kawah Ijen yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Jangan lupa berkunjung ke deretan rekomendasi tersebut ya sehabis ke Ijen. Enjoy your trip!

Beri Komentar