Uniknya Ruby Falls, Air Terjun Bawah Tanah Tertinggi di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 10 Oktober 2020 17:20
Uniknya Ruby Falls, Air Terjun Bawah Tanah Tertinggi di Dunia
Air Terjun Ruby memberikan sensasi berbeda menyaksikan Air Terjun.

Air terjun selalu punya pesona tersendiri untuk bisa dinikmati. Mulai dari pemandangannya yang indah, gemuruh suaranya yang menggelegar serta birunya air yang menyegarkan.

Air terjun di seluruh dunia juga punya keunikan masing-masing sehingga punya ciri khas dan juga julukan. Ada air terjun terindah, air terjun tertinggi, maupun air terju terunik di dunia.

Nah, pernahkah kamu mendengar air terjun bawah tanah? Meskipun terdengar anah, namun tempat ini beneran ada, lho. Tepatnya adalah air terjun unik ini yang berada di Amerika Serikat ini. Bahkan, air terjun ini diklaim menjadi air terjun bawah tanah tertinggi di dunia. Seperti apa sih keindahannya?

1 dari 3 halaman

Ruby Falls

Ruby Falls © Diadona

Ya, namanya adalah Ruby Falls. Melansir dari The Active Times, Ruby Falls terletak di pegunungan Lookout, Chattanooga, di Negara Bagian Tennessee, Amerika Serikat. Air terjun sangat berbeda dengan air terjun pada umumnya. Pasalnya, air terjun ini justru berada di bawah tanah. Bahkan diklaim menjadi air terjun bawah tanah tertinggi di dunia.

Bagaimana tidak, air tejun ini punya tinggi mencapai 341 meter. Bahkan tingginya melebihi Air Terjun Ponot yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi sekitar 250 meter.

2 dari 3 halaman

Sejarah Ditemukannya Air Terjun Ruby

Ruby Falls © Diadona

Karena letaknya yang tersembunyi, tempat ini adalah salah satu hidden gem sampai akhirnya ditemukan pada awal abad ke-20. Penemuan ini pun juga sangat tak sengaja dan ditemukan oleh ilmuan pemerhati gua bernama Leo Lambert.

Hal ini dilakukan ketika ia melakukan eekspedisi membuka gua pada tahun 1928, Lambert yang berencana mencari jalan lain untuk pintu keluar dari gua tersebut, terkejut menemukan sebuah air terjun yang ada di bawah tanah.

Nama Ruby pun diambil dari nama sang istri yang juga bernama Ruby. Kemudian Ruby Falls baru dibuka untuk umum sekitar tahun 1929.

3 dari 3 halaman

Keindahan Ruby Falls

Selain keunikannya yang berada di dalam tanah, Ruby Falls juga menyajikan keindahan pemandangan yang sangat luar biasa. Kamu bisa melihat sensasi air terjun namun berada dalam gua dengan stalaktit dan stalakmit beruisia ratusan tahun.

Selain itu, pihak pengelola memberikan lampu berwarna-warni sehingga memberikan kesan megah pada Ruby Falls.

Tertarik untuk mengunjunginya?

Beri Komentar