Arab Saudi Mulai Buka Akses Umroh Secara Bertahap Mulai Pertengahan September Ini

Reporter : Nasa
Selasa, 15 September 2020 08:36
Arab Saudi Mulai Buka Akses Umroh Secara Bertahap Mulai Pertengahan September Ini
Kabar gembira bagi para jamaah?

Angin segar datang dari Arab Saudi di tengah keterbatasan situasi pandemi COVID-19. Belum lama ini Arab Saudi umumkan membuka akses bagi warga internasional per 15 September 2020, hari ini. Sehingga warga negara asing dengan golongan tertentu bisa masuk ke Saudi.

Menurut info dari Arab News Selasa (15/9/2020), kebijakan pelonggaran travel bagi warga internasional tersebut dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, izin akan diberikan pada warga negara-negara Teluk Arab.

1 dari 2 halaman

Harus Punya Hasil Tes Negatif COVID-19

7 Hal Terlarang di Arab Saudi © Diadona

Kemudian pelonggaran juga akan dilakukan pada warga non Saudi dengan surat izin iqama (residence permit). Selain itu, izin juga akan diberikan kepada pegawai pemerintah dan militer, pekerja kedutaan besar, hingga mereka yang butuh perawatan medis.

Sementara itu, untuk izin tahap pertama ini, warga negara-negara teluk dan pemilik iqama yang ingin bertandang ke Saudi harus menunjukkan hasil tes COVID-19 negatif dalam 48 jam terakhir.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Kabar Terkait Haji Tahun 2021

 

Arab Saudi © Diadona

Lebih lanjut, hingga tulisan ini dibuat masih belum ada kejelasan terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021. Namun Arab Saudi masih memberikan kabar gembira lain, yakni akses bagi seluruh warga internasional pada awal 2021 mendatang.

Kabarnya Arab Saudi akan umumkan tanggal pasti terkait pembukaan akses tersebut pada Desember akhir tahun ini. Meski demikian, Kementerian Kesehatan akan tetap berlakukan protokol kesehatan bagi para warga negara asing.

Untuk jamaah Umroh yang kemarin sempat tertunda, bisa sedikit berharap nih. Semoga awal tahun depan bisa kembali normal seperti sedia kala ya.

Beri Komentar