Bandara Changi Singapura Jadi yang Paling Aman dari COVID-19, Bandara Indonesia Gimana?

Reporter : Nasa
Senin, 21 September 2020 13:07
Bandara Changi Singapura Jadi yang Paling Aman dari COVID-19, Bandara Indonesia Gimana?
Bandara Changi ini duduki peringkat pertama bandara paling aman dari COVID-19.

Sebuah lembaga internasional bernama Safe Travel Barometer memberi rating bagi lebih dari 200 bandara di seluruh dunia. Lembaga tersebut kemudian menobatkan bandara Changi Singapuura sebagai bandara teraman dari COVID-19 dan menduduki posisi pertama.

Posisi kedua disusul oleh bandara Frankfurt Jerman, sedang posisi ketiga diduki oleh bandara Internasional Chengdu Shuangliu, Tiongkok. Terus bandara-bandara Indonesia gimana ya? Sebenernya aman gak sih bandara-bandara di Indonesia?

1 dari 2 halaman

Bandara Frankfurt Jerman © Diadona

Menurut rating Safe Travel Score, bandara Internasional Soekarno Hatta menduduki peringkat 35 dari 217 bandara di seluruh dunia. Safe Travel Score memberi nilai rating Indonesia sebesar 4,9, dari rentang angka 1 sampai 5.

Diketahui bahwa bandara Soekarno Hatta lebih baik ketimbang Toukuse-Blagnac Airport Prancis yang menduduki peringkat 36, Los Angles International Airport Amerika Serikat pada peringkat 37, hingga Bahrain International Airport pada peringkat 38.

2 dari 2 halaman

Safe Travel Barometer

Sementara itu, Safe Travel Score sendiri dikeluarkan oleh Safe Travel Barometer sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para traveler di seluruh dunia selama pandemi. Beragam implementasi menjadi tolak ukur penilaian pemeringkatan tersebut.

Mulai dari touchless processing (pengurangan interaksi sentuhan), pengecekan suhu tubuh, peraturan kewajiban memakai masker, hand sanitizer, adanya kewajiban surat keterangan sehat, keharusan pengetesan COVID-19.

Kemudian juga adanya aplikasi untuk contact tracing, ditetapkannya waktu minimum untuk check-in, dilakukan disinfeksi di toilet, eskalator, lift, boarding gate, hingga penggunaan face shield bagi staf bandara.

Lebih lanjut, Co-Founder and CEO Safe Travel Barometer Virendra Jain mengatakan, bandara memiliki peran penting dalam membuat penumpang mudah beradaptasi di dalam masa normal baru.

“ Bandara adalah lini terdepan pertahanan untuk memastikan keamanan dan mengurangi kekhawatiran dalam perjalanan,” tukasnya.

Meski peringkat salah satu bandara di Indonesia tersebut cukup baik. Tapi jangan sampai kendorkan protokol kesehatan ya. Ingat, kamu sendiri yang bisa menjaga tubuhmu dari paparan virus Corona COVID-19, stay safe.

Beri Komentar