Baru Berusia 57 Tahun, Begini Wujud Pulau Termuda di Dunia yang Berbahaya untuk Manusia

Travel | Sabtu, 4 Juli 2020 16:20
Baru Berusia 57 Tahun, Begini Wujud Pulau Termuda di Dunia yang Berbahaya untuk Manusia

Reporter : Bagus Prakoso

Pulau Surtsey terbentuk dari erupsi gunung di bawah laut pada tahun 1963

Bumi beserta isinya ini memang sudah berusia ribuan bahkan jutaan tahun lalu. Bahkan sebelum adanya peradaban manusia. Begitu juga dengan pulau-pulau yang ada di dunia ini.

Namun, bagaimana jika ada sebuah pulau yang tercipta baru-baru ini. Bahkan pulau ini diklaim menjadi pulau termuda di dunia. Seperti apa sih tempat ini? Yuk kita jalan-jalan!

2 dari 5 halaman

 Pulau SurtseyPulau Surtsey © Amusing Planet / Howell Williams

Namanya adalah pulau Surtsey. Berada di sekitar Samudera Atlantik sekitar 30 kilometer dari pantai selatan Islandia.

Dilansir dari Amusing Planet, Pulau Surtsey. Pulau ini terlahir pada 14 Nobember 1963 dari erupsi gunung berapi yang ada di bawah laut. Gunung berapi dalam laut ini berada di kedalaman 130 meter Laut Norwegia.

 Pulau SurtseyPulau Surtsey © Amusing Planet / Garar Plsson

Ya, pulau Surtsey ini terlahir dari tumpukan lava yang meletus saat itu. Letusan ini terus terjadi hingga memperluas daratan Surtsey.

Karena letusan ini menyebabkan kepulan asap vulkanik yang sangat tebal, penduduk sekitar mengiranya adalah sebuah kapal yang terbakar.

3 dari 5 halaman

 Pulau SurtseyPulau Surtsey © Amusing Planet / NASA

Meskipun tempat ini sudah menjadi sebuah pulau, namun nggak sembarang orang bisa datang ke pulau ini lho. Hal ini dikarenakan pulau ini masih sangat berbahaya karena erupsi yang bisa saja terjadi lagi. Selain itu, hal ini untuk menjaga kelestarian pulau.

Pasalnya, sejak tahun 1965, Surtsey telah diresmikan sebagai cagar alam dan masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Kondisi alamnya juga sangat dijaga ketat. Hal ini untuk mengamati bagaimana terbentuknya kehidupan secara alami.

4 dari 5 halaman

Sayangnya, setelah diteliti lagi, pulau ini diperkirakan tidak akan berumur panjang. Titik tertinggi di daratan Surtsey tercatat mencapai 174 meter di atas permukaan laut. Namun, pada 2012, luasnya menyusut dan ketinggian maksimum berubah menjadi hanya 155 meter.

Karena ukurannya yang kecil dan perubahan yang cukup drastis membuat para ilmuwan memperkirakan usia dari pulau ini paling lama hanya seabad saja.

Join Diadona.id