Berusia Puluhan Ribu Tahun, Lukisan Hewan Tertua di Dunia Ditemukan di Sulawesi

Travel | Kamis, 14 Januari 2021 16:20
Berusia Puluhan Ribu Tahun, Lukisan Hewan Tertua di Dunia Ditemukan di Sulawesi

Reporter : Bagus Prakoso

Temuan ini membuktikan jika di pedalaman Sulawesi sudah ada kehidupan manusia puluhan ribu tahun yang lalu.

Misteri peradaban pra sejarah memang masih menjadi misteri. Kendati sudah banyak arkeolog yang menemukan benda-benda unik bersejarah, namun, mereka masih meyakini kalau banyak misteri yang belum tergali.

Nah, baru-baru ini, sebuah lukisan hewan tertua di dunia ditemukan oleh arkeolog. Bahkan, lukisan yang diyakini tertua di dunia ini ditemukan di wilayah Sulawesi Indonesia.

Di mana tempatnya? Dan seperti apa lukisannya? Yuk kita jelajahi!

2 dari 4 halaman

Lukisan Hewan Tertua di Dunia

 Lukisan Purba di SulawesiLukisan Purba di Sulawesi © PA WIRE/MAXIME AUBERT

Melansir dari BBC, lukisan ini berbentuk hewan yang mirip dengan babi hutan. Bahkan, lukisan ini nampak dilukis dengan pigmen darah merah tua dari tanah liat.

Hebatnya lagi, lukisan hewan prasejarah ini ditemukan di gua Leang Tedongnge. Yakni di subah daerah perbukitan terpencil di Sulawesi Selatan.

Dengan temuan ini membuktikan jika ada pemukiman manusia tua di wilayah tersebut.

" Orang-orang yang membuatnya sudah sangat modern, mereka seperti kita, mereka punya semua kapasitas dan alat untuk membuat lukisan apa pun yang mereka suka," kata Maxime Aubert, penulis jurnal Science Advances mengutip dari BBC.

3 dari 4 halaman

Berusia 45.500 tahun

Dikabarkan, usia dari lukisan ini mencapai 45.500 tahun. Hal ini dibuktikan Aubert dengan cara mengidentifikasi endapat kalsit yang terbentuk di atas lukisan di Leang Tedongnge. Selain itu, ia juga menggunakan penanggalan isotop seri Uranium untuk menentukan usianya.

Dari sanalah terlihat jika usia dari lukisan tersebut mencapai 45.500 tahun.

" Tapi bisa jadi lebih tua karena penanggalan yang kami lakukan hanya terhadap kalsit di atasnya," tutur Aubert.

4 dari 4 halaman

 Lukisan Purba di SulawesiLukisan Purba di Sulawesi © PA WIRE/MAXIME AUBERT

Lukisan ini memiliki panjang 136 cm dengan lebar 54 cm. Gambar tersebut menunukkan seekor babi liar dengan tonjolan mirip tanduk di wajahnya. Ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa hewan tersebut merupakan kelompok jantan dari spesies tersebut.

Lukisan ini bisa jadi merupakan karya seni tertua yang menampilkan sosok. Namun ini bukanlah karya seni tertua yang dibuat manusia. Sebelumnya di Afrika Selatan, banyak coret-coretan berbentuk tagar yang diperkirakan berusia 73.000 tahun. Ini diyakini sebagai gambar tertua di dunia.

Join Diadona.id