Biar Gak Bingung, Yuk Simak Tips Membeli Oleh-Oleh Saat Traveling

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 12 November 2020 17:20
Biar Gak Bingung, Yuk Simak Tips Membeli Oleh-Oleh Saat Traveling
Jangan sampai kita pulang bertangan hampa karena bingung mau beli apa untuk orang rumah ketika sedang traveling.

Traveling adalah salah satu cara melepas penat setelah berhari-hari bekerja. Dengan berwisata kita bisa mengetahui tempat baru yang belum kita ketahui sebelumnya.

Salah satu hal yang membuat traveling makin berkesan adalah membawa oleh-oleh. Oleh-oleh khas daerah membuat kita teringat jika kita pernah ke tempat tersebut.

Namun, terkadang kita akan mengurungkan niat untuk membeli oleh-oleh karena beberapa hal. Bisa karena kehabisan uang, atau tak tahu mau disimpan di mana oleh-oleh tersebut. Ataupun bingung mau membeli apa ketika sampai di tempat kamu singgah.

Maka dari itu, diadona.id akan memberikan beberapa tips untuk membeli oleh-oleh khas daerah tempat kamu traveling. Apa aja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah ulasannya!

1 dari 5 halaman

Siapkan Budget

ilustrasi uang © Diadona

Yang utama dan yang terpenting adalah menyiapkan dana. Sebelum memutuskan untuk liburan, pastikan kamu untuk menyiapkan dana khusus untuk oleh-oleh selain dana untuk hidup di tempat tersebut.

Hindari membeli barang yang tak penting atau oleh-oleh yang berharga mahal. Sesuaikan saja dengan budgetmu ketika traveling.

Sesuaikan oleh-oleh yang dibeli dengan masing-masing orang di rumah atau teman. Akan lebih aman jika kamu membeli oleh-oleh yang bisa diterima semua orang. Seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, dompet, kain, tas, atau apapun dengan harga yang pastinya terjangkau.

Kalau kamu berniat membeli makanan, pertimbangkan untuk membeli makanan dengan ukuran yang besar supaya bisa dikonsumsi banyak orang.

2 dari 5 halaman

Cari Oleh-oleh Khas Daerah

Ilustrasi Oleh-oleh © Diadona

Setiap daerah yang kamu kunjungi pasti punya ciri khas yang tak dimiliki tempat lain. Carilah keunikan dari daerah tersebut yang memang hanya ada di tempat itu. Seperti makanan, ataupun cindera mata yang melambangkan kota tersebut.

3 dari 5 halaman

Perhatikan Berat dan Ukuran Oleh-Oleh

Ilustrasi Oleh-oleh © Diadona

Berat dan ukuran oleh-oleh adalah hal yang juga perlu kamu perhatikan ketika hendak membeli oleh-oleh. Pastikan semuanya pas dalam bagasi mobilmu. Apalagi jika kamu naik transportasi umum. Tentu kamu tak ingin kerepotan karena terlalu banyak membawa oleh-oleh ketika pulang.

4 dari 5 halaman

Perhatikan Cara Mengemas

Ilustrasi Traveling © Diadona

Cara mengemas juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai semua barang yang kamu bawa rusak karena pengemasan yang salah.

Namun, biasanya toko khusus oleh-oleh yang ada di daerah tersebut sudah menyediakan box khusus untuk bisa dibawa oleh pembeli.

Jika kamu naik pesawat, maka kamu juga perlu membedakkan mana yang akan dimasukkan bagasi dan mana yang dibawa ke kabin pesawat. Untuk lebih aman, disarankan semua jenis makanan sebaiknya dibawa dalam kabin.

5 dari 5 halaman

Perhatikan Tanggal kedaluwarsa Oleh-Oleh

 

Pie Susu Dhian © Diadona

Jika kamu hendak membeli oleh-oleh berupa makanan, sangat penting untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Jangan sampai setelah samapai di rumah, ternyata makanan itu hampir basi atau bahkan sudah lewat tanggal kedaluwarsanya.

Untuk itu sangat penting buat kamu agar melihat tanggal kedaluwarsa dengan cermat. Atau, kamu bisa mengatur jadwal membeli oleh-oleh ketika memang hendak pulang dari tempatmu berwisata.

Beri Komentar