Danau Lut Tawar Aceh, Oase di Tengah Bukit Barisan Ujung Indonesia

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 22 Februari 2021 17:03
Danau Lut Tawar Aceh, Oase di Tengah Bukit Barisan Ujung Indonesia
Suasananya enak banget buat ngumpul bareng keluarga!

Danau Laut Tawar atau masyarakat Aceh sering menyebutnya dengan nama Danau Lut Tawar, berada di kawasan Dataran Tinggi Gayo. Kawasan ini masuk dalam bagian panjang Pegunungan Bukit Barisan, tepatnya di Kabupaten Tekongan. Luas danau ini mencapai 5.472 hektare, dengan lebar 3,219 km dan panjang 17 km.

Di Danau Lut Tawar, terdapat beragam flora dan fauna, seperti moluska dan puluhan jenis ikan. Sementara itu, di lingkungan sekitar danau, jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan kucing hutan, kijang, trenggiling, landak, sampai harimau. Menarik ya. Ada apa lagi kira-kira di sana?

1 dari 3 halaman

Oase di Antara Bukit Barisan

      View this post on Instagram      

A post shared by G A Y O M E N D U N I A (@gayosejuk)

 

Danau Lut Tawar, berada di kawasan Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan besar ini membentang dari utara ke selatan Pulau Sumatera, dari Aceh sampai ke Lampung. Panjang Bukit Barisan sekitar 1.650 km. Berada di hijaunya pepohonan Bukit Barisan, danau ini seperti oase yang memberikan kesegaran. Di sini, kamu bisa menikmati sejuknya alam sekaligus air yang tenang.

2 dari 3 halaman

Cocok Jadi Wisata Keluarga

      View this post on Instagram      

A post shared by AWT corp (@acehworldtravel)

Karena suasananya yang menenangkan, Danau Lut Tawar kerap dijadikan destinasi wisata keluarga. Setiap akhir pekan, di tempat ini ramai oleh rombongan keluarga yang berlibur bersama. Terutama di area pinggiran danau yang memang segar dan menyejukkan. Dari sini, kamu akan melihat pemandangan asri dari jejeran bukit yang indahnya seperti memagari danau. Duduk-duduk di pinggir danaunya, sambil tidak melakukan apa-apa, pasti akan tetap menyenangkan.

3 dari 3 halaman

Terdapat Keramba Ikan

      View this post on Instagram      

A post shared by Danau Lut Tawar (@danau_luttawar)

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Danau Lut Tawar, dan bisa kamu nikmati adalah keberadaan keramba-keramba ikan. Di sekitar keramba ikan, terdapat tempat makan yang menjual berbagai olahan ikan segar yang siap mengatasi perut lapar kamu semua. Setelah capek menjelajah kawasan Danau Lut Tawar, makan ikan adalah yang terbaik! Apalagi ikan segar yang langsung ambil dari keramba.

Jelajah Aceh yang menawarkan ketenangan dan kesegaran ini menunggu kamu untuk mengunjungi! Selamat liburan!

Beri Komentar