Deretan Negara yang Tak Punya Bandara Tapi Layak untuk Dikunjungi

Travel | Jumat, 27 Agustus 2021 10:00

Reporter : Sheila Fathin

Walau tak punya bandara, negara ini punya keunikan yang bisa ditawarkan bagi wisatawan

Memiliki Bandara dalam suatu negara atau daerah itu identik dengan kemajuan sebuah tempat itu sendiri. Pasalnya, dengan memiliki Bandara maka tali perekonomian akan berkembang semakin pesat karena kemudahan aksesibilitas transportasi. Dengan adanya bandara, orang dari segala penjuru bisa pergi ke tempat itu dengan menggunakan pesawat yang merupakan alat transportasi yang bisa dikatakan nol hambatan.

Begini misalnya, jika menggunakan transportasi darat untuk pergi berlibur ke luar negeri terasa sulit dari segi penyebrangan yang terhalang laut dan tidak semua transportasi darat menyediakan dan mau untuk melakukan perjalanan sejauh itu. Selain itu dari sisi biaya dan waktu yang pastinya cukup lama. Nah, dengan pesawat terasa lebih mudah, praktis dan efisien. Selain itu waktunya juga cepat.

Tapi, bagaimana kalau ternyata ada sebuah negara yang tidak memiliki bandara ya? Lalu bagaimana jika kamu ingin pergi ke sana? Berikut ini sederet negara yang tidak memiliki bandara.

Deretan Negara yang Tak Punya Bandara Tapi Layak untuk Dikunjungi
2 dari 6 halaman

Vatican City

Vatican CityVatican City © instagram.com/best__italian__places

Vatican merupakan negara terkecil di dunia yang mana negara ini hanya memiliki luas 109-acre. Karena kecil negara ini tidak memiliki bandara. Selain kecil, hal yang membuat negara ini tidak memiliki bandara karena Vatican City ini ada di dalam Roma.

Jadi mungkin ketika kamu hendak pergi ke sini kamu bisa transit dulu di Roma yang memiliki dua bandara internasional. Kamu bisa terbang ke Roma kemudian melanjutkan perjalanan ke kota atau negara bagian ini.

3 dari 6 halaman

Negara Monako

Negara MonakoNegara Monako © instagram.com/wy_latani

Negara Monako diklaim sebagai negara terkecil di dunia dengan luas wilayah hanya 2,02 kilometer persegi. Penduduknya juga tidak lebih banyak dari 36.371 jiwa saja. Di Manoko kamu juga tidak akan melihat lapangan udara yang luas karena negara ini berbatasan di tiga sisi dengan Prancis sedangkan satu sisinya berbatasan dengan laut Mediterania. Karena negara ini tanpa bandara, maka mau tidak mau warganya harus pergi ke Perancis untuk bisa naik pesawat terbang.

4 dari 6 halaman

San Marino

San MarinoSan Marino © instagram.com/mautalla

San Marino tidak memiliki bandara karena dikelilingi oleh daratan Italia. Sebagai negara terkecil kelima di dunia, San Marino mampu menampung sekitar 33.000 penduduk dan dinobatkan sebagai negara terkaya di dunia dengan PBD per kapita tertinggi.

5 dari 6 halaman

Negara Andorra

Negara AndorraNegara Andorra © instagram.com/grandvalira

Negara Andorra yang berada di antara Spanyol dan Prancis yang memiliki penduduk kurang lebih sebanyak 85.000 jiwa pada tahun 2010. Luas negara ini mencapai 468 kilometer persegi. Namun, walau negara ini cukup luas negara ini masuk ke dalam daftar negara tanpa bandara di dunia. Kalau kamu ingin pergi ke Andorra, kamu bisa pergi ke bandara Barcelona-EI Prat di Spanyol atau Toulouse di Prancis. Selain itu walau tidak punya bandara, Andorra memiliki tiga helipad yang terletak di La Massana, Arinsal, dan Escaldes-Engordany.

6 dari 6 halaman

Liechtenstein

LiechtensteinLiechtenstein © instagram.com/vijay.charan.v

Negara terkecil di dunia ini berbatasan dengan dua negara yaitu Austria dan Jerman dan juga masuk ke dalam nominasi negara yang tidak memiliki bandara. Untuk memasuki wilayah negara, pengunjung harus masuk dengan mobil, perahu, atau sistem kereta api populer dari stasiun kereta Swiss atau Austria terdekat. Bandara terdekat dari negara ini adalah St.Gallen - Altenrhein Swiss. Liechtenstein menjadi negara dengan salah satu PDB per kapita tertinggi yang disertai dengan utang negara yang terendah.

Join Diadona.id