Desa Wisata Tembi Bantul Jogja, Suasana Alam Pedesaan Edukatif yang Menyenangkan

Travel | Kamis, 14 Oktober 2021 11:47

Reporter : Nasa

Ini dia deretan info yang kamu butuhkan terkait desa wisata Tembi Bantul Jogja..

Desa wisata Tembi Jogja bisa kamu jadikan sebagai opsi untuk mengisi momen liburan spesialmu kali ini. Pasalnya, kamu bisa menikmati suasana indah alam pedesaan yang menyejukkan sekaligus belajar beragam hal baru.

Lokasi wisata yang satu ini tak hanya terdiri dari beragam pemandangan indah, desa wisata Tembi Jogja juga menyuguhkan sejumlah daya tarik lainnya yang pastinya bakal bikin liburanmu makin seru dan tak terlupakan.

Desa wisata Tembi Jogja ini juga pas banget untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk rutinitas keseharianmu yang penuh dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang melelahkan. Sebab, suasana pedesaan di sana yang menyejukkan dijamin akan membuatmu lebih segar.

Desa Wisata Tembi Bantul Jogja, Suasana Alam Pedesaan Edukatif yang Menyenangkan
2 dari 6 halaman

Desa Wisata Tembi Bantul

Desa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi BantulDesa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi Bantul © 2021 cvtugu.com

Tren desa wisata bertema alam dan kehidupan pedesaan di Jogja menjadi makin lengkap dengan kehadiran desa wisata Tembi Bantul ini. Namun, desa wisata Tembih Jogja tak hanya menyuguhkan wisata khas pedesaan biasa, melainkan juga paket wisata edukatif yang tak kalah menarik.

Meski populer belakangan ini di kalangan pelancong atau wisatawan domestik, namun desa wisata Tembi Bantul sudah didirikan sejak tahun 2007 loh. Sejuknya pemandangan pedesaan hingga aktivitas pengrajin masyarakat setempat jadi daya tarik wisata tersendiri.

Menariknya lagi, desa wisata Tembi Bantul ini langsung diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X loh. Tepatnya pada 31 Agustus 2007 silam.

3 dari 6 halaman

Desa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi BantulDesa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi Bantul © 2021 indonesia.travel

Sejak saat itu, konsep desa wisata Tembi Bantul jadi makin berkembang seiring berjalannya waktu. Bahkan kamu sudah bisa mendapatkan sejumlah paket wisata menarik yang bisa bikin kamu makin betah dan enggan beranjak dari desa wisata Tembi Bantul.

Mulai dari paket wisata kuliner tradisional, yang terdiri dari wisata keliling kawasan Gabusan-Manding-Tembi (GMT) dengan mengendarai becak, andong, sampai dengan kereta mini dengan pesona keindahan alam pedesaan di sana.

Kemudian ada paket wisata bertani, yang termasuk memandikan kerbau, sampai dengan wisata outbound yang bisa bikin kamu menikmati wisata seru-seruan di tengah alam bareng keluarga atau orang-orang terdekat kamu.

Tak hanya itu, desa wisata Tembi juga memiliki Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture yang merupakan museum dengan beragam jenis koleksi benda-benda kebudayaan Jawa.

4 dari 6 halaman

Desa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi BantulDesa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi Bantul © 2021 visitingjogja.com

Koleksi Museum Rumah Budaya Tembi :

  • Peralatan dapur kuno (tungku, dandang)
  • Persenjataan masyarakat jawa (keris, tombak)
  • Peralatan untuk bertani (bajak)
  • Peralatan seni (gamelan, batik)
  • Foto-foto klasik
  • Poster kuno
  • Sepeda kayuh dan sepeda motor kuno
  • Ribuan naskah bersejarah

Jam Operasional Museum Rumah Budaya Tembi : 09.00 - 16.00 WIB

5 dari 6 halaman

Desa Wisata Tembi Bantul Jogja (Paket Wisata-Info Harga)

Desa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi Bantul JogjaDesa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi Bantul Jogja © 2021 indonesia.travel

Sebelum berkunjung ke sana, kamu bisa menentukan paket wisata yang akan pilih. Terdapat beragam aktivitas wisata seru dan menarik yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu loh. Ini dia deretan paket wisata desa wisata Bantul Jogja.

Paket wisata Outbound

Terdapat aktivitas outbound yang bisa dilakukan di sini. Paket wisata Outbound ini dikenakan tarif Rp 20.000,-/orang untuk pelajar dan Rp 35.000,-/orang untuk umum. Kegiatan outbound di sini berupa aktivitas khas pedesaan seperti bermain di sawah atau permainan tradisional.

Beberapa kegiatan meliputi Lomba Banyu Mili, Pegang Belut di sawah, Pegang Bebek di Sawah, Lomba Bakiak/ Lari Theklek, Menyusuri Pematang Sawah, Membuat Memedi Manuk/ Hantu Sawah, Bajak Sawah, Tandur/Bertani, Gobag Sodor, Estafet Holahop, dan Tarik tambang lumpur.

Paket wisata keliling desa

Paket wisata keliling desa ini menawarkan pengalaman berkeliling desa dengan delman. Di sini pengunjung bisa berkeliling desa Tembi, Desa Gabusan, dan Desa Manding. Ada banyak rute yang bisa dipilih. Harga yang dibaderol pun tergantung pada rute yang akan dilewati. Ada pula paket keliling desa dengan sepeda onthel dengan tarif Rp. 35.000,-/10 jam.

Paket wisata kuliner tradisional

Dalam paket ini peserta akan diajak membuat jajanan tradisional seperti kue sagon dan goreng pisang. Penduduk Dusun Tembi ini sendiri yang akan turun tangan langsung mengajari para peserta. Paket kuliner tradisional ini dikenakan tarif Rp. 20.000,-/orang. Pilihan paketnya antara lain adalah:

  • Membuat Sagon
  • Membuat Goreng Pisang

Paket wisata lainnya

Ada berbagai paket wisata lainnya yang ditawarkan desa wisata ini. Menurut laman resminya, Paket Kegiatan Desa Wisata Tembi ini dibanderol mulai Rp. 187.500/orang hingga Rp. 320.000/orang. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain:

  • Membatik kain atau topeng
  • Membuat kerajinan tempat pensil
  • Membuat atau mewarnai tembikar
  • Paket kesenian gejok lesung atau Angklung
  • Membuat tempe kedelai
6 dari 6 halaman

Desa Wisata Tembi Bantul Yogyakarta (Fasilitas Menarik)

Desa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi Bantul YogyakartaDesa Wisata Tembi - Desa Wisata Tembi Bantul Yogyakarta © 2021 ringgarentcar.com

Selain bisa menimati beragam paket wisata seru dengan beragam aktivitas menarik, kamu juga bisa mengakses sejumlah fasilitas di desa wisata Tembi Bantul Yogyakarta. Ini dia beragam fasilitas menarik yang bisa kamu dapatkan di sana :

Homestay

Desa Wisata Tembi Jogja memiliki sejumlah homestay yang disediakan untuk para wisatawan. Homestay di Desa Wisata Tembi Jogja berbentuk Joglo dan limasan, rumah adat khas Jawa. Homestay di desa ini menawarkan suasana pedesaan yang masih sangat kuat.

Homestay Desa Wisata Tembi juga memiliki fasilitas lengkap. Pengunjung dapat memilih homestay yang ber AC atau pun tidak ber AC. Setiap kamar bisa dikenai harga mulai dari Rp300 ribu hingga Rp750 ribu.

Kuliner

Pengunjung desa wisata Tembi Yogyakarta disuguhkan dengan menu kuliner khas pedesaan yang sederhana dan penuh nikmat. Menu makanan khas juga bisa dipilih pengunjung di Desa Wisata Tembi seperti sayur lodeh, sagon, gedang klutuk, bebek tembi, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga bisa mencoba langsung membuat kuliner khas Bantul dalam program paket wisata kuliner tradisional

Tembi Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya atau Museum Rumah Budaya Tembi adalah tempat menyimpan dokumentasi sekaligus memberikan informasi tentang sejarah dan budaya Jawa. Museum Rumah budaya Tembi mempunyai beberapa koleksi yang variatif, berupa peralatan tradisional Jawa seperti tungku, dandang, keris, tombak, bajak, peralatan seni gamelan dan batik.

Join Diadona.id