Dianggap Angker, 4 Kota Gaib di Indonesia Ini Punya Kisah di Luar Nalar

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 8 Oktober 2020 17:20
Dianggap Angker, 4 Kota Gaib di Indonesia Ini Punya Kisah di Luar Nalar
Berani mengunjunginya?

Setiap Kota di Indonesia punya suatu keunikan yang berbeda dengan kota lainnya. Tak heran jika beberapa kota bisa menjadi destinasi wisata karena menawarkan hal yang tak ada di kota lain.

Namun, bagaimana jika kamu mendengar kota gaib? Yang pasti hal ini justru akan membuat bulu kuduk merinding. Bahkan kamu enggan untuk memasukinya.

Nah, nggak cuma di luar negeri, ternyata di Indonesia juga ada, lho, kota gaib yang punya kisah di luar nalar. Di mana saja itu? Yuk kita jelajahi!

1 dari 4 halaman

1. Kota Saranjana, Kalimantan

Kota Saranjana © Diadona

Kota Saranjana sejatinya emang nggak ada di dalam peta. Namun, melansir dari berbagai sumber, jika mendengar kota ini, warga Kalimantan sering dikatakan dengan kota tak kasat mata.

Belum pernah ada yang tahu secara pasti di mana lokasi Kota Saranjana. Namun, Kota ini dipercaya berada di Pulau Halimun atau dikenal dengan pulau Laut, Ibu Kota Kabupaten Kotabaru.

Kisah yang sering terdengar adalah pada tahun 1980-an, adalah alat-alat berat tak bertuan. Pasalnya, semua alat berat yang mahal telah dipesan seseorang dengan alamat Kota Saranjana dan telah dibayar lunas. Padahal Kota Saranjana di alam nyata secara administratif benar-benar tidak ada di Kabupaten Kotabaru.

Cerita yang beredar mengatakan jika kota ini merupakan wilayah yang maju. Konon, seseorang yang memasuki kota Saranjana tidak akan mau pulang ke alam nyata karena takjub dengan kota ini.

2 dari 4 halaman

2. Padang 12, Ketapang

Padang 12 © Diadona

Menurut warga, Padang 12 yang seluas 12 km persegi dan diisi oleh tumbuhan hijau ini merupakan kota gaib atau kota hantu. Di sini dipercaya ada kehidupan masyarakat dari dunia lain.

Konon katanya, penunggu kawasan ini rumahnya terbuat dari emas. Pernah ada kisah jika ada seorang yang belanja di pasar Ketapang. Anehnya, mereka membayar menggunakan kunyit dan rempah. Keesokan harinya, kunyit ini berubah menjadi emas.

3 dari 4 halaman

Makam Kemangi Kendal

Makam Kemangi Kendal © Diadona

Kendal merupakan kawsan jalur Pantura. Tempat ini seringkali mendapat julukan kota mistis karena adanya Makam Kemangi.

Usut punya usut, makam ini adalah kawasan kota gaib. Pasalnya, sering terjadi keanehan di kawasan ini.

Pernah ada cerita truk pasir yang mengirim pesanan di kawasan tersebut. Namun, ia terjebak dan tak bisa keluar dari kawasan tersebut.

Ada pula cerita tentang sopir Dealer Mobil yang mengantarkan pesanan ke Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung. Anehnya, sopir itu tak kembali setelah mengantar mobil ke rumah anak kepala desa.

Pihak keluarga yang menanyakan kepada kepala desa terkejud karena ternyata anak dari kepala desa tersebut sudah meninggal. Setelah kembali ke alam nyata, sang sopir menceritakan tentang alam gaib yang mewah.

4 dari 4 halaman

4. Wentira, Sulawesi

Kota Wentira adalah Kota yang dianggap ada di daerah Sulawesi. Wentira konon adalah tempat kerajaan jin terbesar yang ada di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara antara kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

Keberadaan kota yang dianggap gaib atau kota hantu ini ditandai dengan adanya tugu warna kuning. Masyarakat bahkan percaya jika ini adalah gerbang gaib menuju kota hantu Wentira.

Menurut penduduk setempat, kehidupan di wentira sangat megah dan maju. Adapun cerita yang beredar di masyarakat jika ada seorang wanita yang menikah dengan pemuda Wentira. Namun, setelah berpamitan dengan keluarga karena akan menikah dnegan orang Wentira, wanita ini tak pernah kembali lagi ke orang tuanya.

Beri Komentar