Fakta dan Mitos Gunung Merbabu, Si Pecinta Alam Harus Tahu!

Travel | Senin, 6 Desember 2021 12:27

Reporter : Sheila Fathin

Begini fakta dan mitosnya dari Gunung Merbabu

Gunung Merbabu letaknya berada di beberapa kabupaten di Jawa Tengah. Seperti lereng sebelah barat berada di Kabupaten Magelang, timur berada di Kabupaten Boyolali, dan utara berada di Kabupaten Semarang.

Nah, baru-baru ini terdapat seorang pendaki asal Ukraina yang berusia 60 tahun dilaporkan menghilang atau tersesat di Gunung Merbabu. Untungnya, pendaki tersebut sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

Gunung merbabu sendiri merupakan taman nasional yang memilki fungsi sebagai hutan lindung dan taman wisata alam yang memiliki luas 5.725 hektar. Gunung merbabu juga memiliki catatan sejarah beserta daya tariknya mengenai fakta dan mitosnya. Berikut ini adalah fakta dan mitos yang menarik dari Gunung Merbabu :

Fakta dan Mitos Gunung Merbabu, Si Pecinta Alam Harus Tahu!
2 dari 6 halaman

Gunung Merbabu Sebagai Habitat Flora dan Fauna serta Sumber Mata Air

Gunung Merbabu ini merupakan sumber mata air untuk masyarakat yang beradai di sekitar daerahnya. Selain itu, di sana bermacam-macam habitat flora dan fauna yang dilindungi dan dilestarikan juga ada di sana.

3 dari 6 halaman

Gunung Merbabu Punya Daya Tariknya Sendiri

Gunung MerbabuGunung Merbabu © shutterstock.com

Banyak para pendaki yang suka untuk mengunjungi Gunung Merbabu. Selain karena sebagai Taman Nasiona, Gunung Merbabu juga memiliki daya tarik seperti jalur pendakian yang dipilih beragam, punya Savana yang indah di pertengahan gunung, tempat yang paling indah untuk melihat matahari terbit saat di puncak dan masih banyak lainnya lagi.

4 dari 6 halaman

Gunung Merbabu Memiliki Medan yang Mudah

Gunung ini menjadi incaran banyak pendaki karena medannya nggak terlalu sulit untuk ditaklukan. Di sisi lain, kamu juga perlu memperhatikan jika ingin mendaki ke gunung ini. Walau medannya memang nggak seberat itu, tapi Gunung Merbabu memiliki cuaca yang ektrim dan udaranya sangat dingin. Jalurnya penuh dengan kabut tebal dan tidak adanya sumber air minum saat perjalanan mendaki.

5 dari 6 halaman

Gunung Merbabu Memiliki Banyak Alternatif Jalur Pendakian

Jika ingin mendaki gunung ini, kamu harus tahu daftar jalur pendakian ini. Diantaranya adalah Jalur Selo, Cunthel, Thekelan, Suwanting dan Wekas.

6 dari 6 halaman

Mitos Gunung Merbabu Sebagai Gerbang Masuk Kerajaan Mistis

Ternyata Gunung Merbabu ini memiliki mitos yang beredar di sekitarnya. Mitos yang beredar adalah Watu Gubug merupakan gerbang menuju kerajaan mistis atau ghaib. Gerbang itu dijaga oleh penjaga ghaib. Faktanya, Watu Gubug itu merupakan tempat para pendaki berlindung dari hujan atau badai saat berada di Gunung Merbabu.

Join Diadona.id