Gli, Satu-Satunya Kucing yang Menguasai Hagia Sophia Turki yang Kini Beralih Fungsi Jadi Masjid

Reporter : Nasa
Kamis, 16 Juli 2020 17:51
Gli, Satu-Satunya Kucing yang Menguasai Hagia Sophia Turki yang Kini Beralih Fungsi Jadi Masjid
Gli juga satu-satunya kucing yang diperbolehkan mengakses seantero gedung Hagia Sophia.

Hagia Sophia belakangan ramai dibahas publik dunia. Gedung megah penuh sejarah yang terletak di Istanbul Turki ini kembali difungsikan jadi Masjid. Setelah selama puluhan tahun dijadikan sebagai museum.

Namun jauh sebelumnya, Hagia Sophia merupakan gereja peninggalan Kekaisaran Bizantium yang difungsikan sebagai gereja ortodoks Yunani selama kurang lebih 900 tahun. Hagia Sophia kemudian dijadikan masjid ketika jatuh ke tangan kekuasaan Ottoman.

Nah, sekitar tahun 1934, pendiri negara Turki yakni Mustafa Kemal Ataturk, menjadikan Hagia Sophia sebagai museum. Hingga pada tahun 2020 ini, Turki di bawah kekuasaan Erdogan kembali menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid.

Itu sekilas sejarah Hagia Sophia. Sekarang kita fokus bahas Gli ya. Satu-satunya kucing yang dibiarkan mengakses seantero gedung Hagia Sophia. Gli sendiri lahir tahun 2004. Nama Gli diberikan oleh seorang arkeologis, Defne Bali.

Menurut info dari laman Hagia Sophia Turkey, nama Gli sendiri memiliki makna yang sangat indah. Yaitu 'persatuan dalam
cinta'. Sebenarnya Gli ini memiliki dua saudara lain. Yakni Pati, yang sudah lebih dulu mati, dan juga Kizim.

Terus si Kizim ini lebih suka berada di luar kawasan Hagia Sophia. Makanya gak heran kalau Hagia Sophia ini dikuasai sama Gli. Katanya, untuk menemui Gli ini sangat mudah. Biasanya dia suka sekali berada di bagian utama.

2 dari 2 halaman

Gli Ramah dengan Para Turis

Gli juga seneng banget berada di dekat pondok Muezzin dan berfoto dengan para turis. Nanti kalau sudah merasa lelah, dia suka rebahan di lantai marmer Omphalos. Dulunya, Gli sempat punya satu anak bernama 'Karakiz'.

Tapi anaknya ini mati karena ada insiden dengan bus wisata. Karena ramag dengan para turis, Gli jadi sangat populer. Bahkan dia punya akun instagram sendiri loh. Gli juga jadi makin populer setelah dikunjungi oleh Perdana Menteri Turki yakni Erdogan.

Kala itu Erdogan sedang mengantar Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Hagia Sophia. Gak heran deh kalau si Gli ini makin populer. Nah, kalau kamu mau ke Hagia Sophia jangan lupa nyapa si Gli ya. Tapi ingat ya, Hagia Sophia sekarang jadi masjid loh.

Jadi pahami aturan dan ketentuan barunya ya.

Beri Komentar