Hadirkan Wisata Religi, Replika Kompleks Masjid Al-Aqsa Bakal Dibangun di Bogor

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 7 Desember 2020 17:47
Hadirkan Wisata Religi, Replika Kompleks Masjid Al-Aqsa Bakal Dibangun di Bogor
Replika Kompleks Masjid Al-Aqsa ini nantinya bakal di bangun di daerah Bogor.

Masjid Al-Aqsa adalah salah satu masjid terkenal yang ada di Palestina. Masjid ini juga sangat ikonik dan menjadi masjid yang sangat berharga dalam sejarah agama Islam. Pasalnya, masjid inilah yang menjadi saksi perjlananan Isra Mi'raj.

Saat ini, Masjid Al-Aqsa sedang dilanda bencana karena telah menjadi sengketa antara Israel dan Palestina.

Melihat hal ini, Lembaga Kemanusiaan yang aktif di Gaza, Palestina, International Networking for Humanitarian (INH), merencanakan sebuah proyek pembangunan replika kompleks Masjid Al-Aqsa di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

1 dari 2 halaman

Replika Kompleks Masjid Al-Aqsa

Kompleks Masjid Al-Aqsa © Diadona

Melansir dari Antara, Luqmanul Hakim, Presiden Direktur INH mengatakan jika INH sedang menyiapkan pembebasan lahan untuk pembangunan komplek Masjid Al-Aqsa dan Pondok Tahfiz Al Quds Indonesia. Letaknya bakal berada di Dessa Sukamulya, kecamatan Sukamakmur.

Nantinya, di lahan sekitar dua hektar ini bakal menjadi pusat pendidikan dan kegiatan umat Muslim yang dikemas seperti wisata religi dengan nuansa yang sangat mirip dengan Kompleks Masjid Al-Aqsa di Palestina.

Meskipun begitu, replika yang dibangun tak akan menggambarkan keseluruhan kompleks Masjid Al-Aqsa, melainkan hanya akan dibangun lima bangunan Ikonik. Yaitu Masjid Al Qibli, Mushallah An-Nissa, Mushalla Al-Marwani, dan Kubah Ash-Shakhrah.

Menurut Direktur INH, Muhammad Husein, tempat ini nantinya bakal menjadi tempat warga yang ingin mempelajari sejarah Palestina. Bahkan, suasana di Masjid Al-Aqsa bakal dibuat sedemikian rupa sehingga sangat menyerupai dengan aslinya.

Adapun tujuan dari dibangunnya replika Kompleks Masjid Al-Aqsa ini adalah untuk meringankan beban masyarakat Palestina yang kian memasuki masa-masa berat.

2 dari 2 halaman

Kompleks Masjid Al-Aqsa © Diadona

Masjid Al-Aqsa adalah sebuah kompleks dengan luas 144 ribu meter persegu yang berada di Kota Lama Jerusalem. Menurut sejarah, tempat ini adalah tempat yang sangat disucikan oleh umat Islam, Yahudi, dan Kristen.

Masjid Al-Aqsa adalah nama dari sebuah kompleks yang di dalamnya tak hanya terdiri dari Jami'Al-Aqsha saja. melainkan ada Kubah Ash-Shakhrah, Mushalla Al-Marwani, Kubah Al-Mi'raj, Kubah As-Silsilah, Kubah An-Nabi dan juga masih banyak bangunan bersejarah lainnya.

Bagaimana? Tertarik dengan proyek kompleks Masjid Al-Aqsa yang bakal ada di Bogor ini?

Beri Komentar