Hampir Berusia 100 Tahun, Rumah Asal Amerika Serikat Ini Dibuat dari Kertas Koran!

Reporter : Nasa
Kamis, 10 September 2020 20:39
Hampir Berusia 100 Tahun, Rumah Asal Amerika Serikat Ini Dibuat dari Kertas Koran!
Wih kayak apa ya penampakannya?

Ada sebuah rumah unik di Amerika Serikat. Jika rumah pada umumnya terbuat dari batu-bata dengan lapisan semen, rumah unik di Amerika Serikat ini justru dibangun dengan lapisan kertas koran. Bahkan tak hanya bangunannya, furniturnya pun terbuat dari kertas koran.

Rumah unik yang sautu ini dijuluki sebagai 'Paper House' atau rumah kertas. Menariknya, rumah kertas yang terletak di Jalan Pigeon Hill Street, Rockport, Massachussetts dibangun sejak tahun 1922. Artinya usia rumah ini sudah hampir seratus tahun!

Menurut info dari laman Unusual Places, rumah kertas ini dimiliki oleh Elis F. Stenman. Kabarnya, Stenman ini adalah seorang insinyur yang mendesain rumahnya sendiri. Saat Stenman meninggal pada 1942, rumah kertas ini akhirnya dijadikan sebagai museum.

Hingga saat ini, rumah kertas di kawasan Rockport tersebut bisa dikunjungi oleh wisatawan. Sampai sekarang, masih banyak yang kagum dengan kemampuan Stenman membangun rumah dengan lapisan kertas koran. Apalagi kertasnya bisa tetap awet dan tak rusak meski dimakan usia.

1 dari 6 halaman

Rumah Terbuat dari Koran di Amerika Serikat © Diadona

2 dari 6 halaman

Rahasia Pembangunan Belum Terpecahkan

Meski usianya sudah hampir menyentuh seratus tahun, tapi ternyata rahasia pembangunan rumah kertas milik Stenman ini belum terungkap loh sampai detik ini. Bahkan anak cucu Stenman sendiri belum bisa pecahkan rahasia Stenman membangun rumah kokoh, meski hanya terbuat dari kertas koran.

Jika kamu berkunjung ke sana, kamu bakal mendapati detail bangunan rumah kertas lengkap dengan furniturnya yang juga terbuat dari kertas koran. Banyak yang memperkirakan, kalau Stenman merangkai setiap helai koran dengan lem, yang kemudian dilapisi dengan pernis.

3 dari 6 halaman

Rumah Terbuat dari Koran di Amerika Serikat © Diadona

4 dari 6 halaman

Gunakan Lebih dari 100.000 Koran

Sementara itu, masih menurut info dari laman Unusual Places, rumah kertas tersebut dibuat dari setidaknya 100.000 koran. Menariknya, di dalam rumah tersebut juga dilengkapi dengan dapur dan juga perapian.

Tapi tetap saja, masih menjadi misteri soal bagaimana Stenman membuatnya tidak mudah terbakar. Lebih lanjut, sampai sekarang juga masih belum terkuat bagaimana Stenman mendapat ide membangun rumah dari kertas koran.

Ada yang menyebut kalau Stenman punya ide itu karena ingin mencari bahan bangunan yang lebih murah, tapi alasan tersebut juga belum pernah terkonfirmasi dengan pasti. Soalnya, kemudian terkuak fakta bahwa pembangunan rumah kertas ini juga membutuhkan sejumlah bahan unik.

5 dari 6 halaman

Rumah Terbuat dari Koran di Amerika Serikat © Diadona

6 dari 6 halaman

Lebih Awet dari Kayu

Jadi katanya, lem yang digunakan untu melekatkan kertas koran dicampur dengan tepung dan air. Namun terlepas dari itu semua, hal yang paling menarik dari rumah kertas tersebut adalah ketahanannya sampai dengan sekarang.

Bahkan jika dibandingkan dengan rumah kayu, rumah kertas ini bisa dibilang jauh lebih kuat. Meski sejak tahun 1990-an, sebenarnya mulai ditemukan sejumlah bagian yang mulai mengelupas. Tapi hal itu hanya ditemui disejumlah bagian saja.

Ada yang bilang bagian yang mengelupas tersebut malah memberikan kesan aestetik yang lebih klasik. Wah keren banget ya. Kayaknya kita bisa nih ngumpulin kertas koran dari sekarang. Siapa tahu, kita bisa jga bangun rumah kertas kayak kepunyaan si mendiang Stenman.

 

Beri Komentar