Indahnya Air Terjun Sekumpul, Surga Tersembunyi dari Pulau Dewata Bali

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 25 Agustus 2020 19:20
Indahnya Air Terjun Sekumpul, Surga Tersembunyi dari Pulau Dewata Bali
Bali tidak hanya menawarkan keindahan pantainya saja.

Bali memang terkenal dengan wisatanya. Meskipun terkenal dengan kindahan pantai Kuta-nya. ternyata Bali juga menyimpan keindahan lain yang nggak kalah cantik.

Salah satu wisata di Bali yang lagi ngehits adalah Air Terjun Sekumpul. Padahal, Air Terjun Sekumpul masuk dalam kategori air terjun tersembunyi yang ada di Pulau Bali Utara. Karena letaknya yang tersembunyi, pemandangan di sini memang terbilang asri. Bahkan, banyak yang mengatakan Sekumpul Waterfall adalah air terjun paling indah di Bali.

Seperti apa sih kecantikan Air Terjun Sekumpul ini? Yuk kita simak!

1 dari 4 halaman

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul © Diadona

Air terjun Sekumpul masuk dalam kawasan Kabupaten Buleleng. Tempat ini menawarkan dua Air Terjun yang berdampingan, menjatuhkan volume air dalam jumlah yang besar dari atas tebing tinggi. Air yang menghantam bebatuan di bawah menghasilkan suara gemericik yang memanjakan telinga.

Banyak para wisatawan yang mengatakan saat musim hujan, kedua air terjun akan memiliki warna yang berbeda. Sebelah kiri airnya akan berwarna jerinih dan bersih. Karena berasal dari mata air yang terletak di atas perbukitan Desa Sekumpul.

Diperkirakan, tebing air tinggi tebing air terjun ini mencapai sekitar 50 meter. Di sekitar area tebing, kamu akan banyak melihat pepohonan besar yang hijau dan asri.

2 dari 4 halaman

Arti Nama Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul © Diadona

Sesuai dengan namanya, kamu tidak hanya akan disuguhkan oleh satu air terjun saja, melainkan ada tujuh air terjun yang siap memanjakan matamu. Nama Sekumpul sendiri diambil dari sekumpulan air terjun.

Wisatawan asing menyebut tempat ini dengan nama Seven Point Waterfall. Lalu, gimana ya biar bisa sampai ke tempat ini?

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Perjalanan Menuju Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul © Diadona

Lokasi Air Terjun Sekumpul berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasi ini berjarak kurang lebih 76 km dari Kota Denpasar dan 20 km dari Kota Singaraja.

Jika berangkat dari Kota Singaraja, rute terbaik adalah melewati Jalan Surapati, jalan WR Supratman, Jalan Raya Desa dan Jalan Raya Bebetin. Setibanya di Bebetin, kamu perlu mengambil jalur kiri. Nah, dari lokasi tugu perjuangan Bebetin, kamu perlu waktu 15 menit melewati jalan berliku-liku, untuk sampai tempat parkir mobil Sekumpul Waterfall.

Nah, kalau berangkat dari Pantai Kuta juga bisa kok. Dari pantai Petitenget Seminyak, menuju ke Sekumpul waterfall akan menempuh jarak kurang lebih 75 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam. Kamu akan melewati toko Joger Luwus Bali, tempat wisata pura Ulun Danau Beratan Bedugul, pucak Wanagir.

Tiket masuknya juga cukup terjangkau. Untuk menikmati pemandangan air terjun saja, cukup membayar Rp 10 ribu untuk WNI dan Rp 20 ribu untuk WNA. Nah, ternyata juga ada paket trekkingnya. Trekking dengan pemandu Rp 125 ribu per orang.

Sedangkan untuk long Trekking, kamu perlu membayar Rp 200 ribu. Long trekking akan memungkinkan kamu mengeksplorasi air terjun Sekumpul, dan air terjun tersembunyi lainnya.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke tempat Air Terjun Sekumpul?

Beri Komentar