Indahnya Danau Kaolin, Genangan Air Biru Raksasa Bekas Pertambangan Terbengkalai

Travel | Sabtu, 19 Juni 2021 11:20

Reporter : Bagus Prakoso

Bekas tambang disulap oleh alam menjadi genangan air raksasa berwarna biru jernih nan indah.

Alam Indonesia memang dikenal memiliki keasrian yang tiada duanya. Tak heran jika keaslian alam yang ada di Indonesia ini kerap menjadi destinasi wisata seru. Mulai dari darat hinga perairan, semua memiliki keindahan tersendiri yang patut dikunjungi.

Nah salah satu wisata alam yang bisa jadi referensi wisata adalah Danau Kaolin. Danau ini memiliki warna biru yang indah banget. Selain itu, Danau Kaolin ini ternyata merupakan bekas tambang, loh. Seperti apa tempat ini? Yuk kita kunjungi!

Indahnya Danau Kaolin, Genangan Air Biru Raksasa Bekas Pertambangan Terbengkalai
2 dari 3 halaman

Danau Kaolin

Danau KaolinDanau Kaolin © instagram.com/ayodolan

Danau Kaolin berada di Jl. Raya Gadung, Desa Nibung, Kota, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Danau ini memiliki warna biru yang jernih. Saking jernihnya, air danau ini seperti cermin yang memantulkan panorama langit dan bebatuan sekitar.

Ternyata, Danau Kaolin ini tak terbentuk secara alami. Ternyata, nama Kaolin sendiri diambil dari nama mineral yang terkandung dalam tanahnya. Ya, dulunya Danau ini penuh dengan mineral Kaolin. Ini menjadi saksi bisu kekayaan pertambangan di Kepulauan Bangka Belitung.

Meskipun telah terbengkalai dan telah ditinggalkan, alam mengubahnya menjadi fenomena yang sangat mengagumkan. Lubang terbengkalai ini terisi dengan air hujan. Air hujan bercampur dengan kandunga kaolin dan terjadilah reaksi kimia. Reaksi kimia ini membuat warna genangan membiru jernih mengisi lubang tambang yang terbengkalai.

Danau KaolinDanau Kaolin © gosumatra.com

Tak hanya biru, terdapat juga air yang berwarna hijau. Ternyata, warna biru muda mengindikasikan kolong berumur muda. Sedangkan yang berwarna hijau gelap ini merupakan lubang yang tua.

3 dari 3 halaman

Danau KaolinDanau Kaolin © instagram.com/geo.rof

Untuk masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 10 ribu. Sedangkan parkir hanya Rp 2 ribu saja.

Untuk bisa ke tempat ini, aksesnya cukup mudah, hanya perlu perjalanan 1 setengah jam dari kota Pangkal Pinang.

Namun, kamu harus tetap waspada, karena tanah di pinggir danau tak semua bisa dipijak. Sebagian tanahnya labil apalagi saat musim hujan.

Di sini, kamu bisa berfoto sembari menikmati pemandangan Danau Kaolin yang indah. Jadi, berminat untuk ke tempat ini?

Join Diadona.id