Indahnya Jog Falls, Air Terjun Niagara dari India

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 11 September 2020 19:20
Indahnya Jog Falls, Air Terjun Niagara dari India
Indah dan mengerikan, dua kata itu mungkin cocok untuk menggambarkan air terjun ini.

Air terjun merupakan salah satu wisata air yang cukup digemari. Nggak hanya di Indonesia, bahkan di dunia juga terdapat berbagai Air terjun yang memiliki keunikan masing-masing.

Salah satu air terjun terindah di dunia adalah Jog Falls. Air terjun yang ada di India ini menawarkan keindahan yang memanjakan mata para pengunjung. Bahkan, Air Terjun Jog ini hampir mirip seperti air terjun Niagara yang ada di Amerika Serkat.

Seperti apa keindahan air terjun ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Air Terjun Jog

Jog Falls © Diadona

Memiliki tinggi hingga 253 meter, Jog Falls menyuguhkan sebuah pemandangan ekstrem yang ada di India. Suara gemuruh air yang jatuh ke dasar sungai membuatnya menjadi pemandangan alam yang luar biasa.

Air Terjun Jog biasa disebut Air Terjun Joga atau Air Terjun Gerossopa. Kucuran air dari berbagai titik sungai membuat suara gemuruh alam yang akan membuat jantungmu berdegup kencang ketika mendengarnya. Pasalnya, kamu akan sulit melihat ke dasar sungai karena tertutup percikan ribuan volume air sungai.

Air Terjun ini bahkan menjadi air terjun tertinggi kedua di India. Selain menjadi destinasi wisata warga India, ternyata Jog Falls ini juga menjadi sumber tenaga listrik setempat. Terlihat di sekitar lokasi air terjun memang terdapat bendungan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

2 dari 2 halaman

Rute menuju Jog Falls

Jog Falls © Diadona

Jog Falls terletak di Sagara Shimoga, Karnataka, India. Untuk bisa ke tempat ini, kamu harus bertolak sekitar 30 kilometer dari Sagara. Kamu bisa menaiki transportasi umum setempat untuk bisa ke lokasi Jog Falls.

Nah, disarankan untuk menyambangi air terjun Jog ini pada musim hujan. Pasalnya, kamu akan melihat kemegahan air terjun ini dengan volume air yang lebih besar. Sayangnya, tempat ini masih tutup sementara dikarenakan pandemi Covid-19.

Beri Komentar