Indahnya Molokini, Pulau Sabit Surganya Para Diver!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 18 September 2020 17:20
Indahnya Molokini, Pulau Sabit Surganya Para Diver!
Pulau Molokini sejatinya adalah sebuah kawah gunung vulkanik yang terendam air laut dan menjadi

Hawaii bisa dibilang merupakan surganya pantai. Hawaii memiliki atraksi wisata laut yang benar-benar bisa memanjakan mata para traveler.

Nah, salah satu pulau di Hawaii yang memiliki keunikan tersendiri adalah Pulau Molokini. Ya, pulau ini juga biasa disebut Pulau Sabit karena bentuknya yang mirip dengan bulan sabit.

Seperti apa keindahan pulau ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 3 halaman

Pulau Molokini

Pulau Molokini © Diadona

Molokini sebenarnya merupakan sebuah kawah gunung berapi yang terendam air laut. Karena terendam air laut, terbentuklah pulau yang justru mirip dengan bulan sabit.

Sayangnya, Pulau Sabit ini tak berpenghuni. Pulau ini terletak di Selat Alalakeiki yang berada di anataa pulau Maui dan Kaho'olawe.

Nah, ternyata pulau ini adalah sisa-sisa dari salah satu gunung berapi zaman Pleistosen yang terbentuk di Pulau Maui Nui selama zaman Kuarter Era Kenozoikum. Pulau sabit ini sejatinya memiliki luas 9,3 hektare dengan diameter sekitar 0,6 km dan memiliki titik puncak tertinggi mencapai 50 meter.

2 dari 3 halaman

Surganya Para Diver

Pulau Molokini © Diadona

Meskipun pulau Molokini menjadi pulau yang tak berpenghuni. Namun, pulau dengan bentuk unik ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa.

Molokini menawarkan area diving yang ramah untuk pemula. Selain itu, Molokini juga sangat recomended untuk snorkelers menengah dan yang sudah ahli.

Airnya yang sebening kristal membuatnya menjadi lokasi yang benar-benar cocok untuk para divers. Di bawahnya, menjadi rumah bagi berbagai macam spesies ikan. Bahkan, setidaknya ada 250 species ikan termasuk surgeon fish, tangs, parrot fish, dan moorish idols. Bahkan, jika ada kesempaatan kamu akan bisa melihat paus yang berlarian ke sana ke mari.

3 dari 3 halaman

Rute menuju Molokini

Untuk bisa ke lokasi ini, kamu haris mendaftar pada penyedia tur molokini yang ada di Hawaii. Biasanya tur di sini membutuhkan waktu hingga 2 hari dengan berbagai fasilitas dan atraksi kegiatan.

Untuk biayanya sendiri mencapai 107.10 dollar atau sekitar Rp 1,5 juta. Bagaimana? Tertarik menikmati keindahan pulau Sabit ini?

Beri Komentar