Indahnya Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang Tingginya Melebihi Monas!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 7 Oktober 2020 16:20
Indahnya Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang Tingginya Melebihi Monas!
Pesona Indonesia yang nggak kalah indahnya.

Indonesia punya ratusan bahkan ribuan air terjun yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. masing-masing punya keindahan dan keunikan sendiri yang berbeda dengan yang lain. Bahkan, setiap air terjun juga punya cerita legenda yang menghiasinya.

Salah satu air terjun di Indonesia yang punya keunikan adalah Air Terjun Ponot. Air Terjun ini dijuluki air terjun tertinggi di Indonesia. Bahkan, ketinggiannya melebihi Tugu Monas yang ada di Jakarta.

Seperti apa keindahannya? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 4 halaman

Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot adalah air terjun yang berada di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Namun, Air Terjun Ponot memang kalah tenar dengan air terjun Sipiso-piso ataupun Sigura-gura, sehingga air terjun inilah yang dianggap paling tinggi di Indonesia.

Kini, semakin banyaknya info mengenai air terjun Ponot, predikat Air Terjun tertinggi di Indonesia menjadi milik Ponot. Pasalnya, Air Terjun Ponot memiliki tinggi lebih dari 250 meter. Ini melebihi Air Terjun Sigura-gura 250 meter dan Air Terjun Sipiso-piso yang hanya setinggi 120 meter.

2 dari 4 halaman

Melebihi Tugu Monas

Air Terjun Ponot © Diadona

Air Terjun Ponot sebenarnya memiliki bentuk bertingkat, sehingga airnya tidak langsung ke bawah. Jika ditotal, ketinggiannya bisa mencapai hampir 500 meter di atas permukaan laut.

Tentu saja ini melebihi tinggi Tugu Monas yang hanya setinggi 130 meter.

3 dari 4 halaman

Fasilitas

      View this post on Instagram    

#repost by : @ramberachman _ Menjadi kebanggaan tersendiri Air terjun Ponot yang berada di kabupaten Asahan dengan predikat Air terjun tertinggi di Indonesia.Ketinggiannya mencapai hingga 250 meter. _ #anakdolanasahan #wisataasahan #airterjunponot #asahan #sumut

A post shared by Anak Dolan Asahan (@anakdolanasahan) on

 

Selain tinggi, Air Terjun Ponot juga punya debit air yang cukup deras. Hal inilah yang membuat kita akan mendengar suara deru air terjun yang begitu kencang. Bebatuan besar yang menghiasinya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Nah, untuk lokasinya sendiri, bersebelahan dengan air terjun Sigura-gura dekat dengan Bendungan PT. Inalum. Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar Rp 10.00 saja per orang.

Jangan khawatir, meskipun ini wisata alam, kamu tetap akan menemukan toilet bersih dan juga penjual makanan. Jadi kamu nggak usah khawatir kelaparan, ya.

4 dari 4 halaman

Rute Menuju Air Terjun Ponot

Karena berada di Sumatera Utara, kamu bisa menggunakan 4 rute berikut ini. Jika dari Medan, kamu harus terlebih dahulu menuju kota tebing tinggi dengan jarak tempuh 50km, lalu menuju Kabupaten Lima Puluh dengan jarak 44 km. Setelah itu, menuju Kisaran dengan jarak tempuh 39 km. Dari kisaran, kamu hanya perlu mengikuti jalur kisaran menuju air terjun Ponot.

Kamu perlu hati-hati, pasalnya setelah masuk Kisaran, dan menuju lokasi, kamu akan bertemu dengan jalan-jalan yang berlubang. Sebagian besar perjalanan akan melewati perkebunan kelapa sawit. Setelah itu, kamu akan masuk ke desa Marjanji Aceh, dari desa Marjanji, ini udah dekat banget dengan air terjun Ponot.

Bagaimana? Tertarik untuk ke sana?

Beri Komentar