Indahnya Pulau Kakaban, Surganya Para Ubur-Ubur yang Ada di Kalimantan

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 30 Oktober 2020 07:20
Indahnya Pulau Kakaban, Surganya Para Ubur-Ubur yang Ada di Kalimantan
Pulau Kakaban menyimpan keindahan dan keunikan yang tak dimiliki pulau lain di Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia selalu menawarkan keindahan yang tak terelakkan. Indonesia juga masih memiliki banyak surga tersembunyi yang belum banyak orang tahu.

Ada juga beberapa tempat yang menjadi surga bagi para flora fauna langka. Salah satunya adalah Pulau Kakaban. Pulau asal Kalimantan ini juga adalah surga bagi para ubur-ubur. Seperti apa pulau indah ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 3 halaman

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban © Diadona

Pulau Kakaban merupakan pulau terluar yang ada di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Melansir dari berbagai sumber, Pulau ini didominasi oleh danau sebesar 80 persen ketimbang daratan. Luas dari pulau ini sekitar 774,2 hektar.

Keistimewaan dari Kakaban ini adalah airnya yang berasal dari rembesan air laut dan kucuran hujan. Nah, danau inilah yang ternyata menjadi habitat bagi para ubur-ubur mini. Ternyata, ubur-ubur ini terjebak di danau tersebut selama ribuan tahun dan akhirnya hidup tenang di danau tersebut.

Ada dua jenis ubur-ubur yang ada di danau ini. Yakni Golden Jellyfish dan juga Moon Jellyfish. Merekap unya warna mulai jingga, merah, putih, sampai ungu. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana, nggak usah khawatir, Ubur-ubur ini nggak menyengat, kok.

2 dari 3 halaman

Rute Menuju Pulau Kakaban

Pulau Kakaban © Diadona

Untuk menuju pulau ini, dari Bandara Kalimaru, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, kamu bisa melanjutkan dengan speedboat kapasitas 200 PK selama kruang lebih 3 jam. Atau, kamu juga bisa melalui jalan darat dulu menuju Tanjung Batu selama 2 jam perjalanan yang kemudian dilanjut dengan speedboat sekitar 1 sampai 2 jam.

Setelah kamu memasuki pulau Kakaban, kamu harus berjalan sekitar 500 meter dengan rute menanjak sekitar 45 derajat. Jalur tempuhnya menbggunakan jembatan ulin yang rapi. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pepohonan yang indah. Sehingga kamu nggak akan merasa lelah.

Nah, ketika kamu sudah sampai di dermaga, kamu akan melihat secara langsung ubur-ubur yang terliihat jelas dari dermaga tepi danau.

3 dari 3 halaman

Pulau Kakaban © Diadona

Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika kamu hendak berenang bersama ubur-ubur. Kamu nggak akan diperkenankan untuk menggunakan sunblock atau krim apapun. Pasalnya, zat-zat kimia itu akan mencemari habitat ubur-ubur yang bisa saja membunuh kehidupan mereka.

Lalu kamu nggak boleh menggunakan alat bantu renang seperti kaki katak. Hal ini dikhawatirkan akan melukai ubur-ubur.

Lalu kamu nggak boleh mengangkat ubur-ubur keluar air. Lalu, kamu juga nggak boleh melompat ke jika ingin masuk dalam air.

Tertarik untuk ke tempat ini?

Beri Komentar