Indahnya Tongkonan Lempe, Negeri di Atas Awan yang Ada di Toraja

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 23 Maret 2021 16:20
Indahnya Tongkonan Lempe, Negeri di Atas Awan yang Ada di Toraja
Tongkonan Lempe menawarkan pemandangan pegunungan unik saat berada di Toraja Utara!

Toraja merupakan salah satu daerah yang kaya akan budayanya. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini hanya untuk melihat berbagam upacara-upacara unik. Salah satunya adalah upacara penguburan jasad yang bisa dibilang sangat unik di Toraja.

Namun, di Toraja ternyata juga menyimpan beragam wisata-wisata unik. Apalagi wisata alamnya. Salah satu yang patut untuk dikunjungi adalah Tongkonan Lempe yang ada di Lolai. Tongkonan Lempa punya julukan sebagai Negeri di Atas Awan yang ada di Toraja.

Seperti apa tempat ini? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 2 halaman

Tongkonan Lempe © Diadona

Tongkonan Lempe berada di Benteng Mamulu, Kapala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tongkonan Lempe merupakan wisata pertama yang berdiri di Lolai pada 2015 lalu. Lokasinya berada 11 kilometer dari pusat kota Rantepao.

Tongkonan Lempe ini merupakan rumah adat warga setempat yang kemudian oleh para wisatawan dijatikan tempat untuk berfoto. Pasalnya, selain rumah adat yang bertengger megah di Lolai, gumpalan awan yang seakan berada di bawah ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Wisatawan bisa menikmati indahnya awan yang berada di sekekliling Tongkonan Lempe. Tak heran jika tempat ini memiliki julukan sebagai negeri di atas awan yang ada di Toraja Utara.

Tak hanya menjadi spot foto, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum yang menarik. Di Tongkonan Lempe sudah ada fasilitas seperti resort, restoran, toilet umum, spot foto, tempat mendirikan tenda hingga mushola.

Untuk bisa menginap di resort, penginapan ini menawarkan harga mulai Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta. Kamu juga bisa membawa tenda sendiri atau menyewa di warga sekitar mulai Rp 80 ribu - Rp 100 ribu tergantung ukuran tenda.

2 dari 2 halaman

Rute Menuju Tongkonan Lempe

Tongkonan Lempe © Diadona

Melansir dari berbagai sumber, Tongkonan Lempe berada 11 kilometer dari pusat kota Rantepao. Jika pakai motor, kamu bisa menempuhnya selama 20 menit saja. Sedangkan jika memakai mobil, kamu perlu menempuh waktu selama 40 menit saja.

Meskipun lokasinya sudah ada di Google Maps, namun, disarankan agar tak terlalu menuruti Google Maps, karena lokasinya yang terkadang kurang tepat.

Jika kamu berkunjung dari Makassar, kamu bisa melakukan perjalanan udara untuk sampai ke Bandara Toraja. Setelah sampai di Bandara Toraja, kamu bisa menggunakan fasilitas kendaraan Damri.

Naik DAMRI ke Rantepau dengan tujuan Art Center. Tarifnya Rp 20 ribu sampai Makele dan Rp 40 ribu sampai Toraja Utara.

Nah, dari Art Center, kamu bisa naik ojek sekitar Rp 50 ribu atau angkot Rp 20 ribu untuk bisa sampai ke lokasi.

Bagaimana? Tertarik mengunjunginya?

Beri Komentar