Indahnya Tukad Cepung, Air Terjun Dalam Goa yang Tawarkan Pemandangan Unik di Bali

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 24 Juni 2021 17:20
Indahnya Tukad Cepung, Air Terjun Dalam Goa yang Tawarkan Pemandangan Unik di Bali
Jika Bali identik dengan pantai Kuta, kamu perlu menjelajahi berbagai wisata air terjun yang ada di pulau Dewata ini.

Bali memang dikenal memiliki berbagai tempat wisata yang dikenal dunia. Mulai dari pantai, hingga gunung, Bali menawarkan beragam keindahan alam yang tak ada duanya.

Namun, ada lagi salah satu tempat wisata alam yang patut dikunjungi saat berada di Bali. Yakni Air Terjun Tukad Cepung. Seperti apa keindahan Air Terjun Tukad Cepung ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 3 halaman

Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung © Diadona

Air Terjun Tukad Cepung berada di Kabupaten Bangli, tepatnya di Jalan Tembuku, Dusun Penida Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Tukad Cepung berbeda dengan air terjun biasanya. Dengan ketinggian mencapai 15 meter, air terjun ini berada di dalam goa batu dan tersembunyi.

Aliran airnya melebar, tak deras berkumpul, seperti tirai, mengalir lembut sampai ke bawah.

Untuk kolamnya tak begitu dalam dengan airnya yang jernih. Di sini, kamu bisa menikmati aliran air sembari berfoto dengan latar belakang air terjun bak tirai.

Selain air terjunnya, ada juga pemandangan pantulan sinar matahari yang menembus batuan dan seakan menembus masuk ke goa.

Sebuah batu besar yang diselimuti lumut menjadi spot foto yang pas ketika matahari sedang berada di atas dan menyorot ke arah batu besar.

2 dari 3 halaman

Ritual Khusus

Air Terjun Tukad Cepung © Diadona

Melansir dari travelspromo, sebelum masuk ke ojek wisata, pengunjung harus mensucikan diri terlebih dahulu. Di sini, petugas akan memberi percikan air suci dalam upacara mesirat. Tujuannya sebagai tanda pembersihan diri sebelum memasuki objek wisata.

Di kawasan ini terdapat tempat untuk melukat. Melukat merupakan upacara pemberrsihan pikiran dan jiwa secara spiritual.

3 dari 3 halaman

Rute Menuju Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung © Diadona

Perjalanan menuju Air Terjun Tukad Cepung dari Denpasar sangat menyenangkan. Kamu akan disuguhi sajian pemandangan hijau area persawahan, deretan pohon kelapa di samping jalan utama, serta ornamen astistik khas pulau Dewata.

Memasuki area parkiran, kamu bisa langsung membayar di loket karcis sebesar Rp 15 ribu. Kamu juga bisa membayar sukarela kepada jasa pemandu untuk memandumu sampai ke lokasi utama Air Terjun.

Sedangkan untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00.

Tertarik untuk ke sana?

Beri Komentar