Ingin Liburan Naik Pesawat di Tengah Pandemi Corona, Jangan Duduk di Tempat Ini ya!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 16 Juni 2020 10:20
Ingin Liburan Naik Pesawat di Tengah Pandemi Corona, Jangan Duduk di Tempat Ini ya!
Tempat duduk pesawat terbang juga sangan memengaruhi penyebaran virus Corona COVID-19.

Pandemi virus Corona COVID-19 memang banyak memengaruhi berbagai sektor pariwisata. Salah satu yang juga terdampak adalah maskapai penerbangan. hampir seluruh maskapai penerbangan di seluruh duni harus berhenti sementara akibat pandemi Corona ini.

Namun, setelah beberapa bulan diterapkannya pembatasan wilayah, kini sejumlah rute penerbangan sudah mulai dibuka kembali dengan catatan harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Nah, bagi kamu yang punya rencana liburan menggunakan pesawat, kamu mungkin perlu memerhatikan beberapa tips berikut. Aman nggak sih naik pesawat di tengah pandemi ini? Bagaimana sih mencegah Covid-19 saat di pesawat?

1 dari 2 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, WHO mendefinisikan kontak fisik dapat terjadi dengan orang yang terinfeksi saat sedang duduk dalam baris yang sama di kursi pesawat. Tidak hanya itu saja, yang perlu diperhatikan adalah ketika merkea juga pergi ke kamar mandi, mengambil barang, atau meregangkan kaki.

Maka dari itu, selama di pesawat, usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh wajah, karena kamu akan rentan untuk menyentuh berbagai permukaan yang ada dalam pesawat.

Lalu, di mana tempat duduk paling aman ketika berada dalam pesawat?

2 dari 2 halaman

Tempat Duduk Pesawat © Diadona

Tim Penelitian FlyHealthy telah mengamati perilaku penumpang dan awak pada sepuluh penerbangan lintas benua AS. Mereka tidakh hanya melihat bagaimana orang bergerak di sekitar kabin. Namun juga bagaimana hal itu memengaruhi jumlah dan durasi kontak mereka dengan orang lain.

Menurut penelitian, 38 persen penumpang meninggalkan kursi mereka sekali dan 24 persen lebih dari sekali. 38 persen sisanya adalah mereka yang tidak pernah meninggalkan kursinya selama penerbangan.

Dari hasil tersebut, diketahui para penumpang yang paling tidak mungkin untuk meninggalkan tempat mereka adalah penumpang yang berada di kursi jendela. Dengan begitu, kursi dekat jendela memiliki pertemuan yang jauh lebih sedikit daripada kursi yang lain.

Meskipun begitu, ini masih sebuah penelitian yang masih harus dikembangkan di tengah pandemi ini. Yang paling penting adalah dengan selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Penting untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun ataupun membawa handsanitizer.

Beri Komentar