Intip 7 Tradisi Merayakan Tahun Baru di Indonesia

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 31 Desember 2021 17:00
Intip 7 Tradisi Merayakan Tahun Baru di Indonesia
Selamat tahun baru 2022!

Tahun baru sebentar lagi. Tepat pukul 12.00 dini hari nanti, kita akan menyambut tahun baru 2022 setelah tahun 2021 yang panjang.

Perayaan tahun baru tentu saja tak lepas dari tradisi yang dilakukan di setiap daerah. Banyak acara-acara seru yang dilakukan demi untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Nah, di Indonesia sendiri ada beberapa tradisi yang kerap dilakukan untuk menyambut tahun baru. Apa saja itu? Yuk kita intip!

1 dari 8 halaman

1. Begadang dan Menyambut Detik-detik Pergantian Tahun

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Begadang menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan hampir sebagian besar masyarakat Indonesia demi menyambut tahun baru. Begadang dilakukan bersama kerabat, sanak saudara, ataupun keluarga dengan menghitung detik-detik pergantian tahun.

Begadang bisa dilakukan di manapun. Seperti di vila, ataupun di rumah sendiri. Bahkan beberapa petualang menyambut tahun baru ke tempat-tempat wisata alam seperti pantai ataupun gunung.

Namun, karena pandemi Covid-19 masih terjadi di hampir seluruh dunia, disarankan untuk tetap di rumah aja, ya!

2 dari 8 halaman

2. Meniup Trompet

Trompet Tahun Baru © Diadona

Selain begadang dan menghitung detik-detik pergantian tahun baru, orang-orang biasanya menyambut detik pertama tahun baru dengan meniup trompet secara bersama-sama. Bahkan, beberapa hari menjelang tahun baru, banyak pedagang di pinggir jalan yang mulai menjual trompet. Siapa nih yang ikutan meniup trompet saat tahun baru?

3 dari 8 halaman

3. Bermain Kembang Api

Ilustrasi Kembang Api © Diadona

Selain meniup trompet, di hampir semua daerah di Indonesia, kamu akan mendengar letusan kembang api saat detik pertama masuknya tahun baru. Tak hanya itu, beberapa orang juga bermain petasan di jalan saat penyambutan tahun baru.

Ada juga yang memilih untuk bermain kembang api kecil di rumah saja bersama keluarga. Kalau kamu tipe yang mana, nih?

4 dari 8 halaman

4. BBQ atau Bakar-Bakar sambil Makan Bersama

Ilustrasi BBQ © Diadona

Sembari menunggu perayaan tahun baru, kerabat atau keluarga biasanya melakukan aktivitas menyenangkan seperti BBQ-an atau bakar-bakar olahan makanan. Beberapa makanan yang dibakar seperti sosis, daging, ataupun jagung bakar.

Apalagi di tahun 2021 ini, lagi zamannya nih aktivitas Barbeque-an bersama keluarga.

5 dari 8 halaman

5. Menerbangkan Lentera

Ilustrasi Menerbangkan Lentera © Diadona

Di Dieng, terdapat tradisi unik malam tahun baru, yakni menerbangkan lentera. Festival setahun sekali ini juga menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk merayakan malam tahun baru.

Melansir dari berbagai sumber, tradisi menerbangkan lentera ini ternyata juga bisa kamu temukan di Borobudur.

6 dari 8 halaman

6. Konser Musik

Ilustrasi Konser Musik © Diadona

Setiap perayaan tahun baru selalu diselenggarakan konser-konser musik di berbagai daerah. Konser musik diakhiri dengan detik pertama perayaan tahun baru sembari menyalakan kembang api ke langit.

Konser biasanya disiarkan di televisi agar masyarakat yang berada di rumah tetap bisa menikmati meriahnya acara. Hanya saja, karena pandemi yang sedang melanda seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia membuat konser musik harus dihentikan untuk sementara waktu hingga kondisi membaik.

7 dari 8 halaman

7. Jalan-jalan Keliling Kota

Malam tahun baru selalu dihiasi dengan keramaian terutama di pusat-pusat kota. Saat tahun baru, setiap sudut jalanan akan dipenuhi dengan kendaraan bermotor. Beberapa dari mereka menikmati tahun baru dengan berjalan-jalan keliling kota bersama keluarga atau kerabat.

8 dari 8 halaman

Nah, itulah beberapa tradisi menyambut malam tahun baru yang ada di Indonesia. Kalau kamu sering melakukan tradisi yang mana, nih? Atau di tempatmu ada tradisi unik dalam menyambut tahun baru? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

 

Beri Komentar