Intip Tempat Wisata di Bali yang Jadi Perayaan Hari Raya Galungan

Travel | Rabu, 10 November 2021 15:00

Reporter : Sheila Fathin

Beberapa tempat ini sering sekali dikunjungi oleh banyak orang

Hari raya Galungan merupakan hari raya yang dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari. Mayoritas orang Hindu di Indonesia berada di Bali. Perhitungan hari raya Galungan ini menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan sebagai hari kemenangan Dharma melawan Adharma. Beragam acara dan upacara dilaksanakan untuk menyambut perayaan ini. Nah, untuk Diazens yang ingin menyaksikan dan melihat prosesi Hari Raya Galungan, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata ini. Di mana saja? Simak artikel ini ya.

Intip Tempat Wisata di Bali yang Jadi Perayaan Hari Raya Galungan
2 dari 5 halaman

Tanah Lot

Tanah LotTanah Lot © shutterstock.com

Hari Raya Galungan bisa kamu saksikan di Tanah Lot Bali. Tanah Lot Bali sendiri merupakan tempat wisata favorit di Bali yang paling banyak dikunjungi. Di sana memiliki pemandangan tepian laut yang elok dengan pura yang berasa di atas pulau batu yang menjadi ikon tersendiri. Tanah Lot sendiri menjadi lokasi yang cocok untuk dikunjungi saat Hari Raya Galungan ini, lho.

3 dari 5 halaman

Pura Lempuyang

Pura LempuyangPura Lempuyang © shutterstock.com/ArtNat

Pura Lempuyang merupakan pura tertua yang ada di Bali. Di sini saat perayaan Galungan, kamu bisa menyaksikan rangkaian acara seperti piodalan. Lokasi Pura Lempuyang berada di perbukitan Desa Abang. Kalau dari Kota Denpasar sekitar 78 km timur laut. Selain itu Pura Lempuyang memiliki pemandangan yang indah karena bisa melihat Gunung Agung yang berdiri megah.

4 dari 5 halaman

Desa Penglipuran

Desa PenglipuranDesa Penglipuran © shutterstock.com

Hari Raya Galungan juga dirayakan di Desa Penglipuran yang merupakan desai andalan di Bali. Desa ini merupakan desa terbersih di Bali. Bahkan ada yang menyebutnya desa terbersih di dunia, lho. Mengunjungi Bali saat perayaan Galungan kamu bisa mampir ke desa ini karena warga setempat melaksanakan proses Galungan.

5 dari 5 halaman

Pura Ulun Danu Danau Beratan

Pura Ulun Danu Danau BeratanPura Ulun Danu Danau Beratan © shutterstock.com

Saat perayaan upacara adat seperti Galungan ini, Pura Ulun Danu dan Danau Beratan menjadi tempat yang ramai untuk dikunjungi. Di sana pengunjung bisa berbaur dengan umat Hindu Bali yang sedang merayakan Galungan. Pura Ulun Danu Danau Beratan merupakan salah satu pura Kahyangan Jagat yang mengelilingi Pulau Bali.

Join Diadona.id