Jelajahi Keindahan Curug Cikaso, Air Terjun Tiga Jalur di Sukabumi

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 12 Januari 2021 14:10
Jelajahi Keindahan Curug Cikaso, Air Terjun Tiga Jalur di Sukabumi
Pesona keindahannya bikin takjub, deh.

Berbicara tentang air terjun, Indonesia memang banyak memiliki air terjun yang terkenal memesona. Nah, salah satunya ialah Curug Cikaso. Curug Cikaso ini terkenal keindahannya karena air terjunnya masih alami dan memiliki panorama alam yang begitu indah.

Sehingga keindahannya yang tersembunyi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong untuk datang ke air terjun tersebut. Sebenarnya, nama asli air terjun ini adalah Curug Luhur, namun kebanyakan orang menyebutnya dengan Curug Cikaso.

 

1 dari 2 halaman

Curug Cikaso © Diadona

Memiliki ukuran lebar 100 m dan ketinggian sekitar 30 m, objek wisata air terjun ini terletak di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Uniknya dari curug ini dengan air terjun lain ialah memiliki tiga titik aliran air dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang berisikan air jernih berwarna biru kehijauan. Dimana dua aliran air terjun tersebut sangat jelas terlihat, sementara satu aliran lagi terlihat agak bersembunyi di balik tebing.

Tau nggak sih, kalau ketiga air terjun tersebut memiliki nama masing-masing yakni sebelah kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong, dan yang paling kanan bernama Curug Aki. Menarik, bukan?

2 dari 2 halaman

Curug Cikaso © Diadona

Akses menuju kawasan lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan 2 alternatif berbeda, yaitu menggunakan perahu motor yang telah disediakan dengan harga sewa Rp80.000 dan berjalan kaki menyusuri pematang sawah milik penduduk setempat.

Tenang, untuk berjalan kaki menyusuri curug ini kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam yang lengkap dengan kawasan hutan tropis, persawahan dan tebing-tebing yang menjulang. Tentu saja hal ini akan membuat kamu sejenak melupakan hiruk pikuk kota.

Pokoknya, buat kamu yang akan melancong kesini akan menjadi sangat luar biasa. Apalagi dengan menemukan sebuah spot keindahan alam tersembunyi di balik curamnya tebing-tebing tinggi menjulang ataupun dibalik lebatnya hutan. Tapi harus diingat, keselamatan juga harus diperhatikan ya, guys.

Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke Curug Cikaso? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar