Jelajahi Kuliner Khas Sembari Menikmati Suasana Korea Zaman Dulu di Pasar Tongin

Reporter : Magang Asik
Minggu, 29 Agustus 2021 07:00
Jelajahi Kuliner Khas Sembari Menikmati Suasana Korea Zaman Dulu di Pasar Tongin
Pasar unik di Korea yang menawarkan konsep berbeda

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Dilansir dari UNWTO, Korea Selatan masuk kedalam urutan 12 dari 20 negara dengan destinasi pariwisata dengan perkembangan signifikan pada tahun 2019. Selain menjadi surga bagi para pecinta KPOP dan KDRAMA, Korea Selatan juga memiliki banyak tempat wisata dan kuliner yang unik untuk dicoba.

Sobat Diazen berencana mengunjungi Korea setelah PPKM berakhir? Jangan lupa untuk mengunjungi salah satu pasar yang terkenal di Korea yaitu Pasar Tongin. Ada apa saja sih di pasar ini? Yuk kita bahas.

 

 

1 dari 3 halaman

Memiliki Konsep Tempo Dulu

Pasar Tongin dibangun pada tahun 1941 dan terletak di kawasan Jongno, Seoul. Pasar ini dulunya merupakan pasar yang menyediakan kebutuhan domestik selama penjajahan Jepang. Yang unik dan menjadi daya tarik dari pasar ini adalah pasar ini bukan hanya menjual sayur mayur dan kelengkapan dapur, tetapi juga terkenal dengan wisata kulinernya yang unik dan wajib masuk dalam list tempat yang harus kalian kunjungi saat berada di Korea.

Kalau kalian ingin mencicipi jajanan dan makanan disini, kalian perlu menukarkan uang menjadi koin kuno Korea yang bernama Yeopojeon. Koin-koin ini nanti akan digunakan untuk membayar makanan yang kalian beli. Harga untuk satu ikat yeopojeon yang berisi 10 koin adalah 5000 won atau sekitar Rp. 61.000. Satu ikat yeopojeon tadi hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Selain untuk mendapatkan koin, kalian juga mendapatkan tempat makan yang berbentuk seperti bento. Bento itulah yang akan kalian gunakan untuk membeli makanan.

Pasar yang Memiliki Konsep Tempo Dulu © Diadona

Pasar yang Memiliki Konsep Tempo Dulu © Diadona

2 dari 3 halaman

Surganya Makanan Khas Korea

Bukan hanya menjual sayur-sayuran dan bahan-bahan dapur, di pasar ini juga menjual berbagai makanan khas Korea, loh. Di pasar ini banyak sekali makanan-makanan khas Korea yang ditawarkan seperti tteokbokki, kimbab, gorengan, hingga hotteok juga ada disini. Makanan yang paling terkenal dan wajib kalian coba disini adalah tteokbokki goreng pedas, nih. Karena banyaknya toko yang menjual makanan, kalian bisa mencicipi berbagai macam makanan, nih.

Harga dari setiap makanan disana juga bervariasi dan berkisar 1 sampai 3 koin. Nah, yang unik adalah, makanan yang kalian beli tadi akan ditaruh di yang kalian dapatkan bento tadi. Kalau kalian ingin tambah nasi, kalian juga bisa beli nasi dan sup dengan harga masing-masing 1000 won per porsi.

 

Surganya Makanan Khas Korea © Diadona

Surganya Makanan Khas Korea © Diadona

3 dari 3 halaman

Fasilitas di Pasar Tongin

Pasar ini memiliki dua lantai. Pada lantai pertama, berisikan berbagai toko penjual sayuran, bahan dapur, baju-baju, dan juga toko penjual makanan. Sedangkan pada lantai dua digunakan sebagai area makan.

.Fasilitas di Pasar Tongin © Diadona

Setelah mendapat makanan yang Diazen inginkan, kalian dapat menyantap makanan di area makan yang berada di tengah pasar. Area makan ini fasilitas tempat duduk dan meja makan, sehingga kalian dapat menikmati makanan kalian dengan nyaman disini. Selain itu, disini juga disediakan alat makan dan tisu, loh.

(Penulis: Intan Rahma)

Beri Komentar