Kuil di India Ini Jadi Rumah Bagi Buaya Vegetarian

Travel | Rabu, 27 Oktober 2021 17:00

Reporter : Bagus Prakoso

Buaya Vegetarian ini jadi daya tarik wisata ketika mengunjungi kuil Sri Ananthapura.

Buaya dikenal sebagai salah satu hewan pemakan daging yang sangat berbahaya. Namun, bagaimana jika kamu mendengar tentang buaya vegetarian? Tentu saja hal ini sangat aneh bukan.

Ternyata buaya vegetarian ini beneran ada, loh. Bahkan, ia telah bermukim selama kurang lebih 70 tahun di sebuah kuil yang ada di India. Di mana itu? Yuk kita jelajahi!

Kuil di India Ini Jadi Rumah Bagi Buaya Vegetarian
2 dari 5 halaman

Kuil Sri Ananthapura

Kuil Sri Ananthapura ini berada di distrik Kasaragod, India. Melansir dari Oddity Central, kuil ini merupakan rumah bagi buaya vegetarian yang bernama 'Babiya'.

Buaya ini jadi viral tahun lalu saat menghiasi berita utama internasional. Kehadiran Babiya di Sri Ananthapura ini menaikkan popularitas kuil tersebut.

3 dari 5 halaman

Buaya Vegetarian di Kuil Sri AnanthapuraBuaya Vegetarian di Kuil Sri Ananthapura © Facebook.com/Hinduism - The Religion

Babiya menghabiskan waktunya selama kurang lebih 70 tahun di danau dekat kuil Sri Ananthapura dan menunggu pendeta memberinya makan menu vegetarian.

Babiya telah mengonsumsi nasi yang diberikan oleh pendeta selama bertahun-tahun. Namun, hingga saat ini, belum ada yang mengetahui secara pasti asal muasal dari Buaya tersebut menjadi penghuni tetap di kuil.

4 dari 5 halaman

Babiya menjadi daya tarik pengunjung di kuil Sri Ananthapura. Para pengunjung kuil menganggap reptil ini sebagai bagian dari pemandangan di Sri Ananthapura.

Para pendeta setempat bahkan mengaku jika reptil itu tak pernah menyerang. Buaya rawa atau Buaya Mugger ini harusnya mengonsumsi ikan sebagai makanan liar alami. Tapi tidak untuk Babiya. Buaya ini justru makan nasi dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan juga sore hari sebanyak satu kilogram sekali makan.

5 dari 5 halaman

Buaya Vegetarian di Kuil Sri AnanthapuraBuaya Vegetarian di Kuil Sri Ananthapura © Facebook.com/Sri AdiShesha Raam Bhajana

Berdasarkan legenda setempat, pada tahun 1945, ada seekor buaya yang muncul di kolam dekat kuil selang beberapa hari dari peristiwa kematian misterius tentara Inggris.

Selama bertahun-tahun, Kuil Danau Swamy Sri Ananthapura menjadi terkenal sebagai buaya vegetarian yang tak berbahaya. Tempat ini bahkan menjadi daya tarik wisata karena keunikannya tersebut.

Tertarik untuk mengunjunginya?

Join Diadona.id