Mewakili 3 Kota Jepang, Buket Bunga Olimpiade Tokyo ini Memiliki Arti Harapan di Balik Tragedi

Travel | Rabu, 4 Agustus 2021 14:00

Reporter : Sheila Fathin

Bunga yang mampu memberikan harapan bagi rakyat Jepang dan semua atlet yang sedang bertanding membawa nama negara ~

Ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 ini benar-benar dipersiapkan dengan matang oleh Jepang sendiri untuk menyambut kedatangan para atlet yang ada di seluruh penjuru dunia. Mereka telah mempersiapkan segala fasilitas penunjang atlet dan pelatih untuk bisa nyaman selama masa pertandingan.

Tidak hanya fasilitas saja yang dipersiapkan, 5000 medali dan maskot juga sudah dipersiapkan. Tentunya kalau kalian lihat, para atlet yang juara akan mendapatkan medali dan buket bunga. Tahukah kalian kalau bunga yang diberikan kepada para atlet ini memiliki makna yang dalam dan menyentuh hati?

Mewakili 3 Kota Jepang,  Buket Bunga Olimpiade Tokyo ini Memiliki Arti Harapan di Balik Tragedi
2 dari 6 halaman

Asal Bunga

Buket Bunga OIimpiade Tokyo 2020Buket Bunga OIimpiade Tokyo 2020 © olympics.com/tokyo-2020

Para Interflora telah mengungkapkan makna di balik bunga yang dipilih. Vicky Salmon yang merupakan kepala toko bunga di Interflora mengatakan “Bunga bunga indah yang disajikan kepada peraih medali di Tokyo 2020 memiliki makna yang lebih dalam dan telah dipilih dengan cermat oleh penyelenggara Olimpiade di Jepang.”

Buket BungaParalimpiade Tokyo 2020Buket BungaParalimpiade Tokyo 2020 © olympics.com/tokyo-2020

Bunga yang digunakan untuk karangan bunga pada ajang perlombaan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 ini adalah bunga yang sebagian besar ditanam di daerah yang terkena gempa besar (Tsunami) di Jepang Timur pada tahun 2011. Lokasi itu adalah lokasi di mana 20.000 orang meninggal akibat gempa Tsunami dan bunga-bunga ini merupakan perwakilan dari tiga daerah di Jepang. 

3 dari 6 halaman

Arti Bunga Matahari untuk Olimpiade Tokyo 2020

Bunga Matahari untuk Olimpiade Tokyo 2020Bunga Matahari untuk Olimpiade Tokyo 2020 © Pixabay.com

Diazens pasti melihat bunga matahari dengan warna kuning yang mendominasi ini. Ternyata bunga ini dijadikan sebagai simbol yang memiliki makna sedih di dalamnya. Bunga Matahari ini ditanam di Miyagi untuk mengenang anak-anaknya yang telah meninggal dalam bencana besar itu. 

Bunga ini ditanam di kawasan perbukitan. Setiap musim semi bunga-bunga ini akan bermekaran menghiasi perbukitan. Dengan alasan itu, bunga kuning ini menjadi simbol bagi masyarakat Miyagi. 

4 dari 6 halaman

Bunga Eustoma Grandiflorum

Bunga Eustoma GrandiflorumBunga Eustoma Grandiflorum © plants.ces.ncsu.edu

Pada sekumpulan bunga-bunga yang diletakkan dalam buket, kalian pasti melihat bunga berwarna ungu itu bukan? Iya, itu merupakan bunga Eutoma.

Bunga Eutoma ini ditanam di Fukushima yang merupakan program non-profit pihak jepang untuk membangkitan perekonomian pasca bencana Tsunami tersebut. Bunga ini merupakan simbol rasa terima kasih Jepang kepada negara lain yang sudah membantunya untuk tetap bangkit.

Selain itu, Bunga Eutoma ini memiliki makna ‘Harapan’ setelah bencana terjadi. Jadi, mengapa bunga ini dijadikan simbol karena bunga ini merepresentasikan sebuah harapan yang bisa terjadi walau bencana besar melanda sekali pun. Harapan akan selalu ada untuk meraih segala mimpi-mimpi yang ingin dicapai. 

5 dari 6 halaman

Bunga Gentian

Bunga GentianBunga Gentian © atozflower.com

Bunga Gentian adalah bunga kecil warna biru. Bunga ini ditanam di Iwate yang merupakan daerah pesisir yang juga tersapu oleh gelombang Tsunami tahun 2011. Warna biru dijadikan sebagai simbol karena sesuai dengan emblem Olimpiade Tokyo 2020.

6 dari 6 halaman

Buket Bunga OIimpiade Tokyo 2020Buket Bunga OIimpiade Tokyo 2020 © olympics.com/tokyo-2020

Selain itu, pihak Jepang sudah menetapkan kalau tiga bunga itu yang akan menjadi simbol yang mewakili tiga daerah di Jepang yang terdampak akibat Tsunami. Penataan dan pemeliharaan bunga juga telah dirancang. 

Kalau Diazens belum tahu, buket bunga ini merupakan bunga asli. Pihak Jepang meletakkan kantong berisi air yang dipadatkan seperti agar-agar. Hal itu dilakukan guna membuat bunga-bunga yang sudah dipetik ini bisa dinikmati selama mungkin.

Ukuran buket sekitar 17 cm lebar dan tinggi 28 cm. Seperti di Olimpiade Tokyo 2020, di turnamen sebelumnya di mana karangan bunga diadopsi sebagai hadiah tambahan, sangat mengesankan melihat karangan bunga diangkat oleh para atlet pada upacara penghargaan.

 

Join Diadona.id