Mbuang-Mbuang, Wisata Alam Tersembunyi yang Dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi Tengah

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 30 Maret 2021 15:20
Mbuang-Mbuang, Wisata Alam Tersembunyi yang Dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi Tengah
Mbuang-Mbuang punya pesona menakjubkan mirip Raja Ampat.

Indonesia merupakan surga wisata yang ada di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menawarkan beragam keindahan alamnya mulai dari daratan hingga lautan. Hampir semua alam Indonesia bisa dijadikan tempat wisata.

Bahkan, di Indonesia masih banyak wisata yang masih belum terjamah atau bahkan asing di telinga masyarakat. Padahal, wisata tersebut memiliki keindahan yang gak kalah dengan wisata alam yang sudah mainstream.

Salah satunya adalah Mbuang-Mbuang. Mbuang-Mbuang menawarkan wisata bahari Sulawesi Tengah yang menakjubkan. Bahkan, wisata ini mirip banget sama Raja Ampat. Seperti apa tempat ini? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 4 halaman

Mbuang-Mbuang

Mbuang-Mbuang merupakan nama sebuah desa yang ada di Sulawesi Tengah. Melansir dari Indonesia.go.id, Desa Mbuang-Mbuang terletak di Pulau Salue Kecil, Kecamatan Bokan Kepulauan, di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Wilayah di Desa Mbuang-Mbuang dikelilingi perairan laut lepas dengan air berwarna biru jernih yang memukau. Selain itu, pulau ini juga dikelilingi dengan pulau karst tak berpenghuni. Tak heran jika tempat ini juga dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi Tengah.

Di sini, kamu bisa menikmati pantai pasir putih yang halus membentang di sekitar Mbuang-Mbuang.

Selain pantai, kamu juga bisa ke Pulau Lampu. Terdapat bangunan mercusuar yang tinggi sehingga warga menyebutnya Pulau Pepelan atau Pulau Lampu.

2 dari 4 halaman

Danau Ubur-Ubur

Mbuang-Mbuang © Diadona

Di sini, kamu juga bisa melihat Danau Ubur-Ubur. Ada laguna seluas 20 hektare. Danau ini biasa disebut Danau Paisu Batongan. Uniknya, danau ini berair asin.

Kamu juga bisa melihat ubur-ubur jinak di danau ini. Ada yang berwarna putih transparan, kuning terang, hingga jingga.

Kamu bisa bernang bersama hewan jinak ini. Tapi, kamu gak boleh memakai lotion tabir surya ketika hendak berenang bersama ubur-ubur. Pasalnya, bahan kimia yang ada dalam tabir surya bisa memengaruhi ekosistem danau.

Danau ini mengingatkan kita dengan Danau Kakaban yang ada di Berau, Kalimantan Timur.

3 dari 4 halaman

Bukit Popisi

Mbuang-Mbuang © Diadona

Nah, yang membuatnya mirip dengan Raja Ampat adalah Bukit Popisi ini. Berada di ketinggian 200 mdpl, dari puncak bukit kamu bisa menikmati lautan luas dan melihat pulau-pulau karst tak berpenghuni.

Pemandangan ini mirip banget dengan pemandangan di Bukit Wayag di jajaran Kepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua Barat.

4 dari 4 halaman

Rute Menuju Mbuang-Mbuang

      View this post on Instagram      

A post shared by BUDIARTO R. SUALANG (@budiarto_r_sualang)

Untuk mencapai sini, dari Jakarta, kamu bisa menggunakan pesawat dan transit di Makassar atau Palu lalu berlanjut ke Luwuk.

Untuk mencapai Banggai Laut dari luwuk, perlu melakukan perjalanan laut memakai kapal feri. Lama perjalannya bisa mencapai 9 jam. Bisa juga menggunakan kapal cepat yang beroperasi hingga siang hari saja. Waktu tempuhnya 3 jam. Kemudian untuk sampai Mbuang-Mbuang kamu harus menggunakan kapal nelayan dengan lama 6 jam. Bila pakai speed boat hanya mencapai 2 jam perjalanan saja dari Kota Banggai.

Untuk menginapnya jangan khawatir, terdapat homestay atau penginapan yang bisa disewa oleh para wisatawan.

Bagaimana? tertarik untuk ke tempat ini?

Beri Komentar