Melihat dari Dekat Keindahan Sungai Maron di Pacitan, Amazonnya Indonesia!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 16 Oktober 2020 18:20
Melihat dari Dekat Keindahan Sungai Maron di Pacitan, Amazonnya Indonesia!
Sungai Maron punya pemandangan indah bak sungai Amazon di Amerika Selatan.

Di Amerika Selatan, sungai Amazon sangat populer karena menjadi sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil. Sungai yang dikelilingi hutan lebat itu memisah negara Brasil dan Peru.

Tapi, tahukah kamu kalau di Indonesia juga punya sunga Amazon versi lokal. Cukup ke pacitan kamu akan bisa melihat indahnya sungai Amazon versi Indonesia. Seperti apa keindahannya? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Sungai Maron

Sungai Maron Pacitan © Diadona

Namanya adalah sungai Maron. Sungai Maron ini berada di Pacitan Jawa Timur. Melansir dari akun TikTok @traveloka, sungai ini memiliki panjang 4,6 kilometer. Meskipun tidak sepanjang sungai Amazon yang mencapai 6,575 kilometer, Sungai Maron tetap dianggap sebagai Amazonnya Indonesia.

Hal ini karena keindahannya yang dikelilingi hutan-hutan mirip dengan sungai Amazon.

2 dari 3 halaman

Sungai Maron Pacitan © Diadona

Untuk bisa menyusuri sungai ini, kamu perlu menyewa perahu seharga Rp 100 ribu. Ketika kamu menyusuri sungai, kamu akan dimanjakan dengan sungai biru kehijauan dengan hutan-hutan asri di sekitarnya.

Tapi kamu harus tetap berhati-hati. Pasalnya, air di sungai Maron memiliki kedalaman mencapai 50 meter.

3 dari 3 halaman

Rupanya, sejak dibuka pada 2012 lalu, tiap tahun, sungai Maron selalu diadakan lomba dayung kapal sepanjang 300 meter. Selain itu, masayarakat biasanya melakukan kegiatan lain yakni memancing ikan. Hal ini karena varietas ikan di Sungai Maron yang ternyata cukup beragam. Mulai dari ikan bawal, nila, ikan sidat, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk mengunjunginya?

Beri Komentar