Melihat dari Dekat Keunikan Matmata, Kota Bawah Tanah yang Ada di Tunisia

Travel | Selasa, 21 Juli 2020 14:20
Melihat dari Dekat Keunikan Matmata, Kota Bawah Tanah yang Ada di Tunisia

Reporter : Bagus Prakoso

Tempat ini bahkan menjadi tempat syuting dari film Star Wars.

Sebelumnya, kita telah membahas tentang sebuah kota bawah tanah yang ada Australia yang bernama Coober Pedy. Ternyata, itu bukanlah satu-satunya kota bawah tanah yang ada di dunia. Nyatanya di sebuah kota di Tunisia terdapat juga terdapat rumah-rumah yang dibangun di bawah tanah.

Tepatnya di kota kecil bernama Matmata. Seperti apa sih keunikan kota ini? Yuk kita simak!

2 dari 4 halaman

 MatmataMatmata © atlasobscura.com

Dilansir dari Atlas Obscura, karena kota ini memiliki iklim yang cukup panas, orang-orang memutuskan untuk membuat sebuah rumah yang berada di dalam tanah. Rumah-rumah ini sendiri dibangun dengan cara menggali lubang yang dalama ke dalam batu pasir. Setelah itu dibuat lorong-lorong ruangan dan menyisakan lubang terbuka untuk halaman utama.

Penduduk yang mendiami Matmata biasa disebut dengan bangsa Berber. Selain untuk menghindari panas, ternyata ada alasan lain mengapa bangsa Berber membuat rumah bawah tanah ini. Hal ini karena bangsa Berber berlindung dari penjajah Arab yang menguasai tempat ini.

3 dari 4 halaman

Lokasi Syuting Film Star Wars

 MatmataMatmata © atlasobscura.com

Pagi para penggemar Star Wars, kamu pasti tahu rumah dari karakter Luke Skywalker di planet Tatooine. Tempat ini lah yang menjadi lokasi syuting film tersebut, tepatnya di hotel Sidi Driss.

Hal ini karena keunikan Matmata sehingga dipilih oleh pihak Lucas Film sebagai tempat atau latar dari film bergenre fiksi ilmiah tersebut.

4 dari 4 halaman

Dibangun dengan sederhana

 MatmataMatmata © atlasobscura.com

Ternyata, mereka membangun tempat ini tidak menggunakan peralatan yang canggih. Mereka hanya menggunakan peralatan seadanya. Hal ini karena struktur tanah yang lunak dan mudah dibentuk.

Meskipun begitu, rumah gua ini punya pondasi yang kokoh dan bisa bertahan hingga ratusan tahun.

Tertarik untuk tinggal di tempat ini?

Join Diadona.id