Mengenal Jatayu, Patung Burung Terbesar di Dunia

Travel | Sabtu, 4 September 2021 18:00

Reporter : Sheila Fathin

Jatayu merupakan patung terbesar di dunia. Patung burung ini punya legenda bersejarah

Jatayu Adventure Center merupakan taman hiburan yang menampilkan patung burung terbesar di dunia. Taman hiburan ini terletak di Chadayamangalam di Kollam, Kerala, India. Lokasi ini berjarak 50km dari Thiruvananthapuram. Taman hiburan ini memiliki perpaduan yang indah dengan campuran elemen mitologi, budaya, teknologi, seni, petualangan dan kesehatan. Selain itu taman hiburan ini menjadi tempat yang sempurna untuk piknik dan mencari petualangan yangs seru.

Mengenal Jatayu, Patung Burung Terbesar di Dunia
2 dari 5 halaman

Legenda Burung Jatayu

      View this post on Instagram      

A post shared by T R A V E L M E N U (@travel_menu_)

 

Hal yang paling menarik pada taman hiburan ini adalah patung butung Jatayu ini. Patung burung terbesar ini merupakan karakter mitologis dari Ramayana, lho. Mitosnya, Jatayu meninggal dalam pertempuran untuk menyelamatkan Shinta (istri Dewa Rama) ketika Rahwana menculiknya dengan kereta terbang ajaibnya. Jatayu jatuh di bebatuan dalam kondisi terlukan parah dan gagal menyelematkan Shinta.

3 dari 5 halaman

Dari seluruh penjuru dunia, orang-orang banyak yang ingin melihay patung burung terbesar di dunia ini. Patung burung ini memliki panjang 200 kaki dan punggungnya memiliki sayap terentang untuk menggambarkan kejatuhannya setelah bertarung. Dewa Rama menemukan tubuh burung yang sekarat ini terbaring di atas bebatuan dan melakukan upacara pemakanan terkahirnya di tempat ini.

Patung terbesar di dunia ini dirancang oleh Tuan Rajiv Anchal. Jatayu adalah patung yang merepresentasikan masa lalu ketika manusia, hewan, burung bisa hidup bersama secara harmonis di Bumi.

4 dari 5 halaman

Menawarkan Aktivitas Petualangan

      View this post on Instagram      

A post shared by Proud-India ???????? (@beauty__of__hindustan)

 

Patung baru terbesar di dunia ini juga menawarkan tempat yang untuk melihat pemandangan pedesaan dari sana. Letak tempat itu berasa di dalam mata burung Jatayu. Selain itu are di sekitar patung Jatayu berubah menjadi eco-park petualangan yang menawarkan aktivitas seperti abseiling, zip-lining dan panjat tebung. 

Di dalam sayap burung terdapat teater mini yang berfungsi 6D dan stasiun paintball terintegrasi. Menjadi pengalaman tersendiri ketika mengunjungi Pusat Bumi Jatayu karena kamu dapat mencapai pusatnya dengan menggunakan helikopter.

Join Diadona.id