Mengenal Nellaiappar, Kuil Musikal Unik yang Bisa Menghasilkan Suara

Travel | Rabu, 22 Juli 2020 16:20
Mengenal Nellaiappar, Kuil Musikal Unik yang Bisa Menghasilkan Suara

Reporter : Bagus Prakoso

Kok bisa ya?

India memang terkenal dengan negara yang punya banyak kuil unik. Salah satu kuil unik yang ada di India adalah kuil Nellaiappar.

Selain bentuknya yang terbilang lain, kuil ini juga terkenal dengan pilar musiknya karena batu-batu yang ada di sana bisa menghasilkan nada merdu seperti alat musik.

Seperti apa kuil ini? Dilansir dari Times of India, berikut ulasannya!

2 dari 3 halaman

 Kuil NellaiapparKuil Nellaiappar © pinterest.com/BE ON THE ROAD

Kuil Nellaiappar terletak di Tirunelveli di negara bagian Tamil Nadu, India. Kuil ini didedikasikan untuk Dewa Hindu Siwa.

Kuil Nellaiappar selesai dibangun pada tahun 700 Masehi. Ini merupakan salah satu mahakarya arsitektur yang ada di India. Tirunavelli sendiri memang dianggap sebagai salah satu dari lima tempat di mana Dewa Siwa dikatakan menampilkan tariannya.

Dikatakan bahwa pilar musik yang dapat kamu temukan di sini kemungkinan besar dibangun oleh Nindraseer Nedumaran, seorang penguasa di abad ke-7 masehi. Pilar-pilar ini akan menghasilkan musik ketika diketuk. Ini merupakan bukti keahlian yang sangat unggul di masa itu.

3 dari 3 halaman

 Kuil NellaiapparKuil Nellaiappar © trawell.in

Suara yang dihasilkan oleh pilar-pilar ini mirip seperti lonceng. Bahkan, pilar-pilar ini bisa menghasilkan tujuh not dasar musik.

Sekitar 48 pilar diukir dari satu batu, dan pilar ini mengelilingi pilar pusat yang ada di kuil tersebut. Sekitar 161 pilar ada di kuil ini, dan semuanya bisa menghasilkan suara ketika diketuk.

Menurut penelitian, ada tiga klasifikasi pilar batu yang ada di kuil ini. Pilar Shruti, Gana Thoongal, dan Laya Thoongal. Pilar Shruti menghasilkan nada dasar, pilar Laya yang bisa menghasilkan ketukan yang disebut taal.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Join Diadona.id