Mengungkap Keindahan Danau Huanglong yang Sering Disebut 'Rumah Peri'

Travel | Jumat, 22 Oktober 2021 11:00

Reporter : Bagus Prakoso

Seperti apa keunikan Danau Huanglong ini? Yuk kita intip!

Danau menjadi salah satu keindahan alam yang kini banyak dijadikan sebagai tempat wisata. Jutaan danau yang ada di dunia ini memiliki keunikan masing-masing yang belum tentu dimiliki oleh danau lainnya.

Salah satu danau yang cukup unik adalah Danau Huanglong di China. Terdiri dari kolam-kolam danau yang terlihat seakan-akan muncul bertangga, danau Huanglong terlihat sangat menakjubkan. Bahkan, Danau Huanglong ini juga mendapat julukan sebagai "Rumah Peri".

Seperti apa keindahan Danau Huanglong ini? Yuk kita intip!

Mengungkap Keindahan Danau Huanglong yang Sering Disebut 'Rumah Peri'
2 dari 6 halaman

Danau Huanglong

Danau HuanglongDanau Huanglong © topchinatravel.com

Danau Huanglong ini masuk dalam kawasan Huanglong Scenic Area, kawasan danau cantik yang dikelilingi pegunungan bersalju. Melansir dari Unesco, Huanglong Scenic Area sendiri berada di Songpan County, Sichuan, China.

Danau Huanglong memiliki beberapa julukan salah satunya adalah 'Rumah Peri', karena keindahannya itu. Meskipun punya julukan Rumah Peri, ternyata Huanglong memiliki arti yang berbeda, loh. Dalam bahasa China, Huanglong ini memiliki arti 'Naga Kuning'. Ya, memang dari kejauhan, tempat ini terlihat berliuk bagaikan Naga berwarna kuning.

3 dari 6 halaman

Terbentuk Secara Alami

Danau HuanglongDanau Huanglong © topchinatravel.com

Kolam-kolam dalam Danau Huanglong ini ternyata terbentuk dari batu kapur yang diendapkan oleh mata air mineral. Seiring berjalannya waktu, aliran-alirannya membentuk ratusan bahkan ribuan kolam yang bertingkat.

Karena keunikan yang terbentuk secara alami inilah yang membuat Danau Huanglong menjadi salah satu situs warissan budaya dunia. Tahun 1992 Danau Huanglong dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia.

4 dari 6 halaman

Keindahan Danau Huanglong

Danau HuanglongDanau Huanglong © topchinatravel.com

Air di kolam-kolam Danau Huanglong sangat jernih. Bahkan, kamu bisa melihat dasarnya dengan mata telanjang. Adapun beberapa kolam yang ada di Huanglong ini sangat terkenal dan memiliki nama sendiri. Seperti Kolam Lima Warna, Kolam Kaca, Welcoming Guests Ponds, Air Terjun Feipu Liuhui, Washing Body Cave, Kolam Teratai, Kuil Huanglong Temple, Kolam Bunga Zhuanchua Chi, dan Gua Huanglong.

Melansir dari berbagai sumber, keindahan danau ini dikatakan mampu membuat orang melupakan keelokkan danau-danau lain yang pernah dilihatnya. Diazens percaya gak, nih?

5 dari 6 halaman

Musim-Musim Terbaik Untuk Didatangi

Danau HuanglongDanau Huanglong © topchinatravel.com

Danau Huanglong ternyata memiliki musim ramai wisatawan di waktu-waktu tertentu. Paling ramai dalahal dari 1 April hingga 15 November. Kalau ingin ke sana dengan cuaca yang hangat, kunjungi pada bulan Juli hingga Agustus dengan suhu maksimalnya mencapai 16 derajat Celcius.

Nah, kalau kamu ingin mengunjungi saat cuaca dingin, coba kunjungi di bulan Desember sampai Februari, dengan suhu maksimumnya hanya 1 derajat Celcius. Berani mencobanya, diazens?

Karena memang tempat ini berada di ketinggian, sangat disarankan untuk diazens agar membawa perlengkapan seperti pakaian hangat dan jaket tebal.

6 dari 6 halaman

Rute Menuju Danau Huanglong

Danau HuanglongDanau Huanglong © topchinatravel.com

Danau Huanglong ini berada di Kaki Gunung Xueboading. Tempat ini berjarak 300 kilometer dari Chengdu, dan 144 km melalui jalan darat ke selatan dari kota Jiuzhaigou.

Melansir dari topchinatravel.com, kamu bisa naik bus antar-jemput yang berangkat dari Jiuzhaigou ke Huanglong, dan akan kembali di waktu-waktu tertentu dalam sehari. Bus lainnya juga bisa berangkat dari Bandara Huanglong dan Chengdu.

Selain bus, kamu juga bisa naik taksi untuk ke tempat ini. Jaraknya sekitar empat jam perjalanan dari Jiuzhaigou. Perjalanan ke Huanglong ini sering ditawarkan dalam paket wisata tur tujuh hari di Jiuzhaigou, yang berakhir di Chengdu.

Bagaimana? Tertarik mengunjunginya?

Join Diadona.id