Mengunjungi Masjid Ramlie Musofa, Taj Mahal Versi Indonesia yang Ada di Jakarta

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 13 Juli 2021 16:20
Mengunjungi Masjid Ramlie Musofa, Taj Mahal Versi Indonesia yang Ada di Jakarta
Masjid ini gak kalah megahnya dengan Taj Mahal yang ada di India.

Taj Mahal memang dikenal sebagai ikon dari India. Bangunan masjid ini memiliki keindahan dan kemegahan yang tak dimiliki oleh negara lain.

Namun, keindahan Taj Mahal ini nampaknya bisa disaingi oleh masjid yang ada di Jakarta ini. Ya namanya adalah masjid Ramlie Musofa. Masjid ini disebut sebagai Taj Mahal-nya Indonesia.

Seperti apa keindahan masjid Ramlie Musofa ini? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 6 halaman

Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa terletak di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No. 12C - 14A, Jakarta Utara. Masjid ini mulai dibangun oleh Ramli Rasidin pada tahun 2011-2016.

Masjid ini punya luas sekitar 2.000 meter persegi. Gak sembarangan, pembangunan masjid ini mendatangkan bahan bangunan untuk mimbar berupa marmer dari Turki dan Italia.

Ternyata, Masjid ini terinspirasi dari kisah berdirinya monumen Taj Mahal yang menceritakan tentang pembangunannya yang menjadikan inspirasi bagi pemilik Masjid Ramlie Musofa ini dan berharap masjid ini sebagai pembuktian cinta terhadap Allah, Islam dan keluarga.

2 dari 6 halaman

Nama Masjid

Masjid Ramlie Musofa © Diadona

Nama Masjid ini ternyata juga gak sembarangan. Ternyata nama ini diambil dari nama keluarga kecilnya. 'Ram' dari nama pembuat Ramli Rasidin. Kemudian 'Lie' dari nama sang istri yakni Lie Njok Kim.

Kemudian 'Mu' dari nama Muhammad, anak pertamanya. 'So' dari Sofia nama anak keduanya, dan 'Fa' dari Fabian, nama anak ketiga mereka.

3 dari 6 halaman

Makna Bentuk Bangunan

Masjid Ramlie Musofa © Diadona

Masjid megah ini memiliki warna putih dengan bentuk unik yang memadukan empat unsur budaya, yakni Indonesia, Tionhoa, India, dan Arab.

Tak hanya unsur budaya, ternyata masjid ini juga memadukan 3 bahasa yang ditunjukan dalam ukiran surat Al-Fatihah yang menggunaan tiga bahasa sekaligus, yaitu Bahasa Arab, Indonesia, dan Mandarin.

Di beberapa sudut dinding masjid juga terdapat ukiran kaligrafi yang berisi doa-doa.

4 dari 6 halaman

Fasilitas di Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa © Diadona

Sama halnya seperti masjid pada umumnya, Masjid ini memiliki tempat ibadah yang luas dan megah, ditambah dengan tempat wudlu yang lengkap dengan tempat duduk untuk penyandang disabilitas dan lansia.

Terdiri dari tiga lantai, masjid punya dua lift yang siap mengantarkanmu hingga ke lantai paling atas.

5 dari 6 halaman

Sering Dijadikan Tempat Akad

Masjid dengan arsitektur unik dan indah ini ternyata sering dijadikan tempat acara. Salah satunya adalah momen spesial bagi para pasangan yang akan melakukan akad.

Salah satu artis yang pernah menikah di Masjid Ramlie Musofa ini adalah Roger Danuarta dan Cut Meyriska.

Beri Komentar