Menikmati Indahnya Air Terjun Madakaripura, Pesona Alam Cantik dari Probolinggo

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 26 Juni 2021 14:20
Menikmati Indahnya Air Terjun Madakaripura, Pesona Alam Cantik dari Probolinggo
Tertarik mengunjunginya?

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memang memiliki beragam wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Salah satu wisata yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia adalah Air terjun.

Selain menyejukkan, air terjun bisa menjadi tempat wisata yang cocok untuk pelepas penat setelah berhari-hari bekerja. Di wisata air terjun, kamu juga bisa menemukan mitos-mitos yang ada di dalamnya.

Salah satu tempat wisata yang patut kamu kunjungi adalah Air Terjun Madakaripura. Seperti apa keindahan air terjun ini? Yuk kita jelajahi!

1 dari 5 halaman

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura © Diadona

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu wisata yang patut kamu kunjungi saat berada di probolinggo, Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura berada di Desa Tlogorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Air Terjun ini menawarkan pemandangan yang cukup menakjubkan. Pasalnya, Air terjun ini termasuk air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi sekitar 200 meter.

Air Terjun Madakaripura berada di lereng Gunung Bromo tepatnya di ketinggian 1000 mdpl. Berada di ketinggian, hawa di Air Terjun Madakaripura ini sangat sejuk. Ditambah dengan suasana alami di sekitar air terjun.

2 dari 5 halaman

Fasilitas

Air Terjun Madakaripura © Diadona

Di sini kamu bisa mandi dan berenang. Terdapat pula bagian ujung dengan kedalaman mencapai 6-7 meter, sehingga pengunjung harus tetap berhati-hati.

Kamu juga bisa berfoto di bebatuan yang ada di sekitar Air Terjun dengan pemandangan air terjun yang megah, cocok banget untuk mempercantik feed instagram kamu.

Wisata di Air Terjun Madakaripura cukup lengkap. Terdapat toilet, kamar mandi, toko souvenir, mushola di sekitar pos retribusi. Warung-warung sekitar yang bisa kamu kunjungi sembari menikmati indahnya Air Terjun Madakaripura.

Perlu diperhatikan, Air Terjun Madakaripura ini rawan banjir dan longsor, sehingga perlu berhati-hati ketika mengunjunginya saat hujan turun.

3 dari 5 halaman

Mitos

Air Terjun Madakaripura © Diadona

Air Terjun Madakaripura ini juga mempunya mitos yang cukup tenar. Kabarnya, Air Terjun Madakaripura ini merupakan tempat bertapanya patih Gadjah Mada.

Nama Madakaripura sendiri diambil dari kata 'Mada' yang mengacu pada Gadjah Mada. Dan untu 'Kari' berati peninggalan, dan juga 'Pura' yang berarti tempat untuk bersembahyang atau bertapa.

Air Terjun ini dipercaya sebagai tempat pertapaan sang Patih dari kerajaan Majapahit itu. Cerita ini didukung dengan adanya arca Gadjah Mada di area parkir tempat wisata ini. Arca ini sebagai penyambut perjalanan menunju lokasi tersebut.

4 dari 5 halaman

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura © Diadona

Air Terjun Madakaripura berada di Perbatasan antara Kabupaten Probolinggo dengan Kabupaten Pasuruan. Rute dari pusat Kabupaten Probolinggo menempuh jarak kurang lebih sekitar 1 jam berkendara. Jika memilih dari Pasuruan bisa mencapai 2 jam lebih.

Sesampainya di lokasi, kamu perlu trekking dan menyusuri kawasan hutan terlebih dahulu. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki.

Tapi, gak usah khawatir, dalam perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan tebing hijau di sisi kanan-kiri sungai. Dan, kamu akan sampai di Air Terjun Madakaripura yang indah ini.

Beri Komentar