Menikmati Keunikan 9 Pantai dengan Air Terjun yang Ada di Indonesia, Pesonanya Bikin Adem

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 23 November 2021 16:20
Menikmati Keunikan 9 Pantai dengan Air Terjun yang Ada di Indonesia, Pesonanya Bikin Adem
Yuk kita intip keunikan pantai dengan air terjun yang ada di Indonesia.

Terdiri dari negara kepulauan, Indonesia memang menjadi surganya wisata pantai. Ada banyak pantai dengan keunikannya masing-masing yang tak dimiliki oleh pantai lainnya. Salah satunya adalah pantai yang memiliki air terjun.

Tak hanya satu, ternyata Indonesia punya pantai dengan air terjun yang cukup banyak. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 9 pantai air terjun yang ada di Indonesia.

1 dari 9 halaman

1. Pantai Jogan, Gunungkidul

Pantai Jogan © Diadona

Pantai Jogan adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Gunungkidul. Pantai Jogan juga jadi salah satu pantai air terjun unik yang ada di Indonesia.

Tinggi air terjun di Pantai Jogan sekitar 7 meter dengan debit air yang tak terlalu deras.

2 dari 9 halaman

2. Pantai Banyu Anjlok, Kabupaten Malang

Pantai Banyu Anjlok © Diadona

Pantai Banyu Anjlok merupakan pantai yang berlokasi di Desa Tirtoyudo, Dampit, Kabupaten Malang. Daya tarik utama dari pantai Banyu Anjlok adalah adanya air terjun yang langsung jatuh ke air laut. Meskipun begitu, letak air terjun cukup dekat dengan hamparan pasir, sehingga wisatawan tetap aman saat bermain di sekitarnya.

3 dari 9 halaman

3. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo © Diadona

Pantai Banyu Tibo berada di perbatasan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dan Wonogiri, Jawa Tengah. Daya tarik utama dari Pantai Banyu Tibo adalah adanya air terjun yang langsung terjun ke laut dengan tinggi 7-8 meter.

Nama Banyu Tibo sendiri diambil dari kata " Banyu" yang berarti air dalam bahasa jawa, dan juga " tibo" yang berarti jatuh. Saat musim surut tiba, terdapat hamparan pasir kecil di bawah air terjun yang bisa terlihat.

4 dari 9 halaman

4. Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah

Pulau Mursala © Diadona

Air Terjun di Pulau Mursala berada di Tapanuli Tengah, Sumatera utara. Di sini terdapat air terjun yang langsung menghadap ke pantai. Untuk bisa melihat pemandangan air terjun yang langsung jatuh ke lautan, kamu harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Tertarik untuk ke tempat ini?

5 dari 9 halaman

5. Pantai Karang Taraje, Banten

Pantai Karang Taraje © Diadona

Pantai Karang Taraje berada di Cibareno, Bayah, Banten. Berbeda dengan pantai air terjun lain yang bersumber dari mata air atau aliran sungai, air terjun di Pantai Karang Taraje ini terbentuk dari ombak besar yang menghantam karang raksasa berbentuk tangga.

Ombak di pantai ini sangat berbahaya sehingga wisatawan harus berhati-hati saat bermain di sekitarnya.

6 dari 9 halaman

6. Pantai Umbul Waru, Blitar

Pantai Umbul Waru © Diadona

Pantai Umbul Waru berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar, Jawa Timur. Daya tarik pantai ini adalah air terjun setinggi 30 meter yang langsung jatuh ke pantai.

Ditambah pemandangan apik yang ada di pantai Umbul Waru menambah kemegahan ketika berkunjung ke pantai ini.

7 dari 9 halaman

7. Pantai Nambung, Lombok

Pantai Nambung © Diadona

Pantai Nambung berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sama seperti pantai Karang Taraje, air terjun yang jatuh ke laut ini juga berasal dari ombak besar yang menghempas batu karang.

Ombak yang besar membuat pantai ini sangat cocok untuk surfing.

8 dari 9 halaman

8. Pantai Toroan, Madura

Pantai Toroan © Diadona

Pantai Toroan masuk dalam wilayah Desa Ketapang Jaya, Sampang, Madura. Di sini, kamu bisa menikmati pemandanga air terjun setinggi 20 meter yang langsung jatuh ke air laut. Pemandangan paling cantik ketika mengunjungi tempat ini adalah ketika sunset atau matahari terbenam.

9 dari 9 halaman

9. Air Terjun Kiti-kiti, Papua

Air Terjun Kiti-kiti © Diadona

Air Terjun Kiti-kiti berada di distrik Karas Fakfak, Papua Barat. Di sini, kamu bisa menyaksikan secara langsung indahnya air terjun yang mengalir deras ke arah laut.

Air terjun semakin deras saat musim hujan tiba. Namun, saat musim kering, air terjun akan sedikit surut.

Beri Komentar