Menilik Keindahan Hengifos, Air Terjun dengan Tebing Warna-Warni yang Ada di Islandia

Travel | Senin, 20 Juli 2020 16:20
Menilik Keindahan Hengifos, Air Terjun dengan Tebing Warna-Warni yang Ada di Islandia

Reporter : Bagus Prakoso

Warna tebing ini terbentuk dari aktivitas vulkanik di masa lalu.

Dunia selalu memiliki keindahan yang terkadang di luar nalar. Ada tempat yang memang buatan manusia, namun ada juga yang memang terbentuk secara alami. Salah satu tempat unik yang ada di dunia adalah Air Terjun Hengifoss.

Air terjun ini memang memiliki predikat air terjun tertinggi ketiga di Islandia. Namun, bukan itu yang menjadi perhatian para wisatawan. Namun, keindahan garis-garis horizontal yang melintas di tebing di belakang air terjun ini. Garis-garis ini membentuk sebuah lapisan yang punya warna-warna berbeda. Seperti apa keindahannya?

2 dari 3 halaman

Air Terjun Hengifos

 Air Terjun HengifosAir Terjun Hengifos © smartrippers.com

Dilansir dari Atlas Obscura, Islandia memang terkenal sebagai rumah bagi Gunung Vulkanik aktif. Aktivitas gunung berapi ini yang menciptakan formasi geologis yang mengesankan selama ribuan tahun. Garis-garis merah dan kuning yang tercipta ini menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata ini.

Bertahun-tahun lalu, abu vulkanik mengendap di daerah Hengifos dan akhirnya berubah menjadi tanah. Tanah inilah yang kaya akan tanah liat dan besi. Ketika letusan gunung api terjadi, besi bereaksi dengan oksigen dan membentuk lapisan kemerahan yang terlihat di batu.

Proses ini terjadi berulang-ulang sehingga membentuk garis-garis merah dan kuning itu. Ini seakan menjadi garis pertanda yang menunjukkan letusan di masa lalu.

3 dari 3 halaman

 Air Terjun HengifosAir Terjun Hengifos © guideoiceland.is

Batuan dengan garis-garis merah dan kuning ini diperindah dengan aliran sungai yang membentuk air terjun. Jadi, selain menikmati pemandangan air terjun tertinggi di Islandia, kamu juga akan melihat lapisan-lapisan garis berwarna sebagai latar belakang air terjun ini.

Namun, untuk mengunjungi tempat ini memang butuh perjuangan yang cukup ekstra. Memang ada parkiran kecil di daerah sana. Namun, untuk mencapai air terjun ini dari parkiran, kamu perlu berjalan sejauh 1,5 mil atau

Bagaimana? Tertarik untuk, mengunjungi tempat ini?

Join Diadona.id