Menilik Keindahan Sumber Jenon Malang, Mata Air Alami yang Bikin Pengunjung Berseri

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 4 Maret 2021 18:03
Menilik Keindahan Sumber Jenon Malang, Mata Air Alami yang Bikin Pengunjung Berseri
Mitosnya, air di Sumber Jenon ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit lho!

Malang tak cuma tentang buah apel dan museum angkutnya semata. Di Malang, kamu juga bisa menemukan deretan wisata alam yang memukau. Terlebih tak hanya karena lokasinya yang berada di kawasan selatan dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, tapi juga dikelilingi pegunungan.

Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu temukan, antara lain Gunung Bromo, Pantai Goa Cina, Pantai Tiga Warna, Air Terjun Coban Rondo, dan masih banyak lagi. Kali ini, redaksi Diadona akan membahas sebuah mata air yang indah di Malang bernama Sumber Jenon.

1 dari 5 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by #DOLENMALANGRAYA (@dolenmalangraya)

 

Berlokasi di Desa Gunung Ronggo, mata air Sumber Jenon adalah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Malang. Memiliki kedalaman empat hingga lima meter, Sumber Jenon menghadirkan lanskap indah serta sumber air yang menenangkan.

Airnya jernih dengan nuansa kebiruan. Di sekelilingnya kamu akan menemukan pepohonan tinggi dengan daun yang rimbun. Sangat menenangkan.

2 dari 5 halaman

Tak ketinggalan, kamu bisa menikmati kesegaran air yang ditawarkan dan tentunya pemandangan indah yang membuat wisatawan lupa diri. Masih kurang? Bagi yang bernyali besar, cobalah menyelam ke dasar Sumber Jenon, kamu akan menemukan reruntuhan batang kayu dan ikan yang menggemaskan.

      View this post on Instagram      

A post shared by MALANG (@exploremalang)

 

Tak perlu takut akan merasa kegelapan ketika berada di dalam airnya, karena cahaya matahari yang menyinari Sumber Jenon akan masuk melalui celah-celah pepohonan. Selain indah dan menyegarkan, Sumber Jenon ternyata diyakini warga setempat memiliki kesaktian.

3 dari 5 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by YOIKI M A L A N G (@yoiki_malang)

 

Mitosnya, mata air Sumber Jenon mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kulit. Pada hari-hari tertentu, Sumber Jenon juga kabarnya bisa memberikan pertanda lewat air tiga warna yang dihasilkannya.

Misalnya saja warna hitam yang berarti membawa petaka atau racun, putih yang penuh khasiat, dan air tawar seperti yang dikeluarkan saat ini sebagai tempat berenang dan berwisata.

4 dari 5 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Malang Mbois (@malang_mbois)

 

Masyarakat setempat juga percaya bahwa di dalam Sumber Jenon terdapat ikan sengkaring yang diyakini berusia ratusan tahun. Menariknya, ikan sengkaring itu konon tidak akan pernah habis.

Walau dipancing berulang kali, ikan yang berwarna hitam dan merah ini jumlahnya akan tetap sama, yaitu 37 ekor. Berpegang pada mitos tersebut, tak heran jika di hari-hari tertentu, seperti 1 Suro atau 1 Muharram, akan ada sejumlah pengunjung yag sengaja datang hanya untuk berendam.

5 dari 5 halaman

Untuk menikmati Sumber Jenon, kamu tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5 ribu saja. Bagi yang takut tenggelam, kamu bisa menyewa ban berukuran kecil seharga Rp 3 ribu atau ban berukuran besar seharga Rp 5 ribu.

Bagaimana, tertarik untuk menikmati eksotisme Sumber Jenon yang menawan di Malang?

Beri Komentar