Menilik Kisah Mistis di Balik Jembatan Ampera yang Jadi Ikon Kota Palembang

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 28 Januari 2021 17:20
Menilik Kisah Mistis di Balik Jembatan Ampera yang Jadi Ikon Kota Palembang
Jembatan Ampera menjadi ikon dari kota Palembang.

Jika bicara tentang Palembang, yang terlintas dari pikiran kita adalah kulinernya yaitu Pempek. Namun, selain itu, Palembang juga punya pesona tersendiri yakni di sektor pariwisatanya.

Ada Pulau Kemaro, Masjid Cheng Ho, Museum Songket, dan masih banyak lainnya. Nah, ada lagi satu ikon dari kota Palembang yang wajib kamu kunjungi. Ya, Jembatan Ampera.

Jembatan Ampera merupakan jembatan paling ikonik yang ada di Palembang. Selain menjadi penghubung antara daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Namun, yang juga menjadi perhatian di Jembatan Ampera adalah hal mistisnya. Ya, Jembatan Ampera juga tak lepas dari mitos adanya Hantu Banyu. Seperti apa sih mitos ini?

1 dari 2 halaman

Hantu Banyu Jembatan Ampera

Jembatan Ampera © Diadona

Jembatan Ampera dibangun pada tahun 60-an. Hingga saat ini, Jembatan Ampera merupakan ikon utama Kota Palembang. Berdiri gagah di atas sungai Musi, Jembatan Ampera memiliki keindahan tersendiri.

Namun, di balik keindahan dan kemegahan arsitektur Jembatan Ampera, nyatanya jembatan yang dominan berwarna merah ini menyimpan mitos yang cukup menggema di masyarakat Palembang.

Salah satu mitos yang hingga saat ini masih jadi perbincangan adalah sosok Hantu Banyu. Sesuai dengan namanya, Banyu yang berarti air, hantu ini sering menampakan wujudnya seakan muncul ke permukaan air.

Adapun wujud Hantu Banyu ini digambarkan sebagai manusia setengah siamang. Ia mencari calon korban yang sedang memancing atau berenang di sekitar sungai musi.

Karena adanya mitos ini, jika Adzan Magrib berkumandang, sangat disarankan kepada pengunjung untuk menyudahi aktivitasnya seperti berenang atau memancing di sekitar Sungai Musi. Apalagi untuk pemancing yang merasa kail pancingnya menyangkut sesuatu.

2 dari 2 halaman

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Jembatan Ampera

Jembatan Ampera © Diadona

Meskipun Jembatan Ampera memiliki mitos yang cukup seram. Kamu masih bisa melakukan berbagai kegiatan wisata di Jembatan Ampera ini. Seperti menikmati jajanan pempek yang dijual di sektar Jembatan Ampera.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto di bawah patung ikan Tugu Belido yang ada di sekitar Jembatan Ampera. Kamu juga bisa memancing di sekitar sungai musi sekaligus melihat kemegahan Jembatan Ampera dari pinggir sungai.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Jembatan Ampera?

Beri Komentar