Menyusuri Indahnya Labuan Bajo, Surga Dunia dari Indonesia Timur

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 15 Desember 2021 12:27
Menyusuri Indahnya Labuan Bajo, Surga Dunia dari Indonesia Timur
Yuk kita intip pesona Labuan Bajo!

Labuan Bajo sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Indonesia. Tak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, bahkan turis mancanegara juga kerap mendatangi tempat ini.

Apa saja sih yang bisa kita nikmati di Labuan Bajo? Daripada penasaran, yuk kita intip!

1 dari 5 halaman

Labuan Bajo

Labuan Bajo © Diadona

Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selata Sape.

Labuan Bajo juga dijuluki sebagai gerbang menuju Taman Nasional Komodo. Tak heran jika Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dengan orang-orang yang ingin mengunjungi Pulau Komodo.

Namun, Labuan Bajo gak hanya sebagai gerbang menuju Pulau Komodo aja, loh. Ada banyak yang bisa dinikmati di tempat ini.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Pulau Komodo © Diadona

Yang bisa dinikmati tentu saja adalah hewan endemik Komodo di pulau Rinca dan Pulau Komodo. Ada juga deretan pulau eksotis, keragaman hayati bawah laut hingga pantai-pantainya yang memanjakan mata. Semua bisa kalian nikmati dengan memulai perjalanan di Labuan Bajo.

Ada pula spot foto eksotis sembari menimati senja di Labuan Bajo. Kamu bisa ke Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia, untuk berfoto sembari menikmati senja.

Yang tak kalah menariknya adalah Gua Rangko yang memiliki pesona bagaikan oasis dengan kolam air asinnya yang menyejukkan.

3 dari 5 halaman

Labuan Bajo © Diadona

Beberapa pulau yang bisa dinikmati di tempat ini salah satunya Pulau Padar. Pulau Padar sangat ikonik dengan pulaunya yang berbentuk perbukitan. Ada juga Pulau Kelor. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan pulau dan laut biru dari puncak.

Nah, yang juga gak boleh kamu lewatkan adalah Pink Beach atau yang dikenal sebagai Pantai Merah. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink. Penasaran seperti apa?

4 dari 5 halaman

Oleh-oleh Khas Labuan Bajo

Labuan Bajo © Diadona

Kurang lengkap rasanya kalau pergi ke Labuan Bajo tanpa membawa buah tangan. Kamu bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Labuan Bajo ketika berlibur ke tempat ini. Salah satunya adalah kain songke khas Tanah Manggarai.

Untuk bisa mendapat kain songke, kamu bisa mampir ke pusat oleh-oleh yang terletak di depan Bandar Udara Internasional Komodo.

Nggak hanya itu, ada juga kuliner khas Labuan Bajo yang bisa kamu nikmati sekaligus menjadi oleh-oleh. Beberapa kuliner yang bisa kamu nikmati di sini adalah Kopi Manggarai. Ada juga Roti Kompiang yang terbuat dari terigu dengan taburan wijen di atasnya. Kamu juga bisa membeli Rebok sebagai oleh-oleh. Rebok sendiri merupakan olahan yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut.

5 dari 5 halaman

Rute Menuju Labuan Bajo

Untuk akses menuju Labuan Bajo, kamu bisa menggunakan jalur udara, darat, maupun laut. Untuk jalur udara, kamu bisa menggunakan Transnusa Airlines karena langsung menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia seperti Makassar, Semarang, Balikpapan, Kupang, dan Mataram.

Nah, kalau kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa naik Batik Air dan Citi Link untuk menuju Labuan Baju.

Sedangkan untuk jalur darat, kamu bisa road trip dari Flores. Rute perjalanannya dimulai dari Flores, Bajawa, Ruteng, Nancar, Mboera, sampai akhirnya di Labuan Bajo.

Alternatif lainnya juga bisa menggunakan bus dari Bali Menuju Mataram, Lombok. Dari sana, kamu lanjutkan perjalanan menuju Bima lalu diteruskan ke Sape. Sesampainya di Sape, kamu akan naik kapal feri menuju Labuan Bajo.

Sedangkan untuk jalur laut, kamu bisa naik Kapal Leuser dari PELNI yang berlayar dari Makassar, dan Sulawesi Selatan. Atau, kamu bisa naik kapal PELNI KM Binaiya yang berangkat dari Denpasar ke Labuan Bajo.

Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke Labuan Bajo?

Beri Komentar