44 Nama-nama Negara di Benua Eropa, Ibukota serta Fakta Random dan Uniknya

Travel | Rabu, 24 November 2021 11:44

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Banyak diantara nama nama negara di benua ini yang memiliki indeks kebahagiaan tinggi. Kira-kira, ada nggak ya pengaruhnya sebagai wilayah terkaya di dunia?

Ada 44 nama nama negara di Eropa, menurut data PBB. Sebagai sebuah benua, ekonomi Eropa saat ini adalah yang terbesar di dunia dan merupakan wilayah terkaya, dihitung dari aset yang dikelola.

Luas wilyahnya sekitar 10,18 juta km atau cuman 2% dari daratan di Bumi. Total populasinya berada di angka 746 juta jiwa di tahun. Budaya Eropa sebagian besar berakar pada apa yang sering disebut sebagai 'warisan budaya bersama'.

Dikutip dari berbagai sumber, nggak ada definisi jelas tentang pembagian wilayah Eropa, apakah masuk dalam Eropa Barat, Timur dan yang lainnya. Sebagian istilah tersebut mengacu pada konotasi geopolitik, etis, budaya, dan sosial ekonomi.

44 Nama-nama Negara di Benua Eropa, Ibukota serta Fakta Random dan Uniknya
2 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Eropa Utara

Nama Nama Negara- IslandiaNama Nama Negara- Islandia © 2021 nordicvisitor.com

Nama-nama negara di Eropa Utara umumnya memiliki ekonomi maju dan beberapa standar hidup tertinggi di dunia. Mereka sering mendapat nilai tinggi pada survei yang mengukur kualitas hidup, seperti Indeks Pembangunan Manusia.

Denmark – Ibukota Kopenhagen

Denmark telah dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia dalam berbagai kesempatan, dan jadi yang teratas dalam daftar World Happiness Report diantara nama nama negara. Fakta menarik lainnya adalah Denmark nggak memiliki terjemahan untuk kata 'tolong'. Tapi jangan berpikir bahwa mereka bukan orang yang sopan ya.

Finlandia – Ibukota Helsinki

Konsumsi kopi per kapita penduduk Finlandia lebih besar ketimbang daftar nama nama negara lain di dunia lho! Rata-rata orang Finlandia mengkonsumsi 12kg setiap tahun.

Islandia – Ibukota Reykjavik

Islandia punya kolam renang luar ruangan dan sumber air panas yang banyak banget dan tersebar di seluruh negeri. Di ibukotanya saja, ada 17 kolam dengan yang dipanaskan dengan energi panas bumi. Dengan demikian, orang Islandia bia berenang kapan aja setiap tahun.

 

3 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - NorwegiaNama Nama Negara - Norwegia © 2021 nordicvisitor.com

Norwegia – Ibukota Oslo

Norwegia Utara berada tepat di tengah “Sabuk Cahaya Utara”, sebuah zona yang dikenal dengan frekuensi dan intensitas auroranya. Biar bisa mendapatkan kesempatan yang baikbuat melihatnya, amu perlu datang ke sana selama musim dingin. Waktu puncaknya berada di jam 2 pagi.

Swedia – Ibukota Stockholm

Masyrakat Swedia suka banget mendaur ulang sampah. Cuman 1% sampah yang berakhir di TPA 50% didaur ulang atau dibuat kompos sementara 49% dibakr untuk energi. Terdengar oke banget kan? Sayangnya, jumlah sampah yang bersisa ternyata nggak cukup buat bikin insinerator tetap menyala. Lalu apa yang kemudian mereka lakukan? Mereka mengimpor sampah dari Norwegia dan Inggris. Bonusnya, negara negara tersebut membayar Swedia karena menampung sampah mereka.

4 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Eropa Barat

Nama Nama Negara - AustriaNama Nama Negara - Austria © 2021 roughguides.com

Eropa Barat adalah salah satu wilayah terkaya di dunia. Jerman memiliki produk domestik bruto tertinggi di daftar nama nama negara Eropa dan surplus keuangan terbesar dari negara mana pun. Luksemburg memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia. Swiss dan Luksemburg memiliki upah rata-rata tertinggi di dunia

Austria – Ibukota Wina

Nama-nama terkenal seperti Franz Liszt, Mozart, StraussSchoenburg, Josef Haydn, dan Franz Schubert semuanya berasal dari Austria. Austria adalah salah satu dari nama nama negara dunia yang masih mengedepankan musik klasik dan orkestra.

Belanda – Ibukota Amsterdam

Penelitian selama bertahun-tahun menyebut kalau laki-laki Belanda punya tinggi badan rata-rata lebih tinggi dibanding pria di nama nama negara lainnya, yakni 1.83 m. Sementara itu perempuannya juga punya tinggi rata-rata lebih tinggi, haya kalah dengan Latvia, yakni 1.69 m. Kok bisa ya? Teorinya ih karena perawatan kesehatan, nutrisi dan banyak makan keju!

Inggris – Ibukota London

Seluruh paspor di negr ini diterbitkan atas namanya. Makanya, Queen Elizabeth II nggak memerlukan paspor ini saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Irlandia – Ibukota Dublin

Tahukah kamu kalau festival Halloween berasal dari Irlandia kuno, lho! Cerita dimulai dengan perayaan pagan Samhain.

Perancis – Ibukota Paris

Diantara nama nama negara di seluruh dunia, Prancis adalah negara yang paling banyak dikunjungi lho. Setidaknya ada 89 juta turis ke sana setiap tahunnya.

Belgia – Ibukota Brussels

Yup, Belgia memang terkenal dengan coklatnya. Negera ini memproduksi lebih dari 220.000 ton cokelat per tahun.

Jerman – Ibukota Berlin

Nggak kayak nama nama negara lainnya yang menggunakan huruf kapital hanya untuk menyebut nama orang, awalan kalimat an lainnya, Jerman sedikit berbeda. Dalam bahasa Jerman, kata benda dikapitalisasi.

5 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - SwissNama Nama Negara - Swiss © 2021 studyinginswitzerland.com

Swiss – Ibukota Bern

Di tahun 2018, Swiss menduduki peringkat pertama selama delapan tahun berturut-turut sebagai negara paling inovatif di dunia dalam The Global Innovation Index Mereka tumbuh dari negara ekonomi berbasis pertanian pada tahun 1860 hingga negara Start-Up hari ini.

Luxemburg – Ibukota Luxemburg

Tingkat kepemilikan mobil di negara ini paling tinggi diantara nama nama negara dunia lainnya. Di setiap 1000 penduduk, 647 diantaranya punya mobil.

Monako – Ibukota Monako

Kepadatan penduduk per mil persegi di negara ini merupakan yang tertinggi di dunia. Jumlah penduduk Monako hampir 40.000 dan untuk negara yang luas totalnya di bawah satu mil persegi, jumlah penduduknya sangat banyak.

Liechtenstein – Ibukota Vaduz

Merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan tingkat pengangguran terendah, cuman 1.5 % saja.

6 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Eropa Selatan

Nama Nama Negara - VatikanNama Nama Negara - Vatikan © 2021 jubileeonline.ca

Eropa Selatan atau yang sering disebut dengan Eropa Mediterania terdiri dari lima negara dengan jumlah penduduk lebih dari 150 juta jiwa.

Vatikan – Ibukota Vatikan

Merupakan negara terkecil di dunia dengan luas lebih dari 100 hektar aja. Vatikan City diperintah sebagai monarki dengan paus sebagai pemimpinnya. Vatikan mencetak euronya sendiri, mencetak perangkonya sendiri, mengeluarkan paspor, plat nomor dan lagu kebangsaan. Karena mereka nggak memungut pajak, pendapat mereka berasal dari biaya masuk museum, penjualan stempel dan suvenir

Yunani – Ibukota Athena

Di antara nama nama negara di Eroa lainya, Yunani memiliki wilayah dengan pegunungan paling banyak, yakni sekitar 80%. Tapi garis pantainya panjang banget yakni 16 ribu km, jadi nggak ada tempat di Yunani yang berjarak lebih dari 137 km dari laut.

Italia – Ibukota Roma

Italia puya situs warisan budaya dunia UNESCO paling banyak diantar nama nama negara lain di dunia, yakni berjumlah 55, sebelas kali lipat dari yang dimiliki Indonesia.

Portugal – Ibukota Lisbon

Sejak abad ke-15, Portugal menyebarkan daerah koloninya hingga keluar negeri, mulai dari beberapa wilayah dari Eropa ke Afrika, Amerika Selatan, Amerika Utara, Oseania, Asia Tenggara dan Asia Selatan. Dan mereka mempertahankan penguasaan tersebut selama lebih dari 600 tahun.

7 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - MaltaNama Nama Negara - Malta © 2021 Polina Kovaleva from Pexels

Spanyol – Ibukota Madrid

Fakta ini memang masih diperdebatkan, tapi kemungkinan, Don Quixote, yang ditulis pada 1605, adalah novel "modern" pertama di dunia.

San Marino – Ibukota San Marino

Sebagi negara terkecil kelima di dunia, populasi penduduknya hanya 33 ribu orang saja. Luasnya cuman 61 km persegi saja dan bisa diakses dengan kereta api dari Italia. Nggak ada pemeriksaan perbatasan diantara dua negara ini.

Malta – Ibukota Valleta

Malta adalah tujuan yang menarik banget buat syuting film beranggaran besar. Beberapa adegan di film seperti Gladiator, World War Z dan Captain Philips serta serial TV seperti Game of Thrones diproduksi di sini lho!

Andorra – Ibukota Andorra la Vella

Kamu mungkin tidak pernah mendengarnya tai yup, ada sebuah near benama Adorra. Merupakan neara yang kecil di mana cuman 40 km buat menempuh perjalanan dari satu sisi ke sisi lainnya. Wilayahnya sebagian besar adalah pegunungan, dan karena nggak strategis serta kurgnya suber daya alam, Adorra mungkin satu satunya tempat diantara nama nama negara di dunia lainnya yang nggak pernah berperang selama 1000 tahun terakhir.

8 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Eropa Timur

Nama Nama Negara - BelarusNama Nama Negara - Belarus © 2021 shutterstock.com/Aleksander Bolbot

Rusia – Ibukota Moskow

Adalah negara dengan luas pling bear di dunia, yakni 17 juta km persegi. Rusia punya 11 zona wktu yang berbeda, populai sekitar 144 juta orng dan lebih besar ketimbang Pluto.

Belarus – Ibukota Minsk

Belarus kadang disebut sebagai Paru-Paru Eropa karena memiliki salah satu bagian terakhir dan terbesar yang tersisa dari hutan purba besar yang pernah menutupi Dataran Eropa. Dan garis hijau pada benderanya mewakili hutannya.

Estonia – Ibukota Tallinn

Ada olahraga unik di sini, yakni menggendong istri. Seperti namanya, para suami kudu menggendong istri mereka trus berlari dalam linatasan sepanjang beberapa ratus meter. Cara menggendongnya juga berbeda nih, yakni dengan cara terbalik. Lintasan harus memiliki dua rintangan kering dan rintangan air sedalam satu meter.

Latvia – Ibukota Riga

Tradisi Natal yang paling terkenal yakni menghias pohon Natal berasal dari Riga, Latvia pada tahun 1510.

Ukrania – Ibukota Kiev

Di Ukraina ada sebuah terowongan alami yang memesona yang dikelilingi lengkungan hijau. Terowongan terbentuk secara alami dari pepohonan. Dalam daftar nama nama negara, Ukraina juga punya banya kota berhantu gara-gara bencana nuklir terbesar sepanjang masa, Chernobyl.

Lithuania – Ibukota Vilnius

Penduduk di sini dikenal dengan kecintaannya pada alam. Nggak heran kalau 40% wilayahnya merupakan hutan dan kebanyakan merupakan bagian dari lima nasional yang spektakuler di Lituania.

Moldova - Ibukota Khisinev

Dari 2009 hingga 2012 ada kebuntuan politik di Moldova dengan pihak-pihak yang bertikai tidak dapat mencapai kompromi dengan kelompok pembelot Komunis. Selama tiga tahun tersebut, negara ini tanpa presiden.

9 dari 10 halaman

Nama-nama Negara di Eropa Tengah

Nama Nama Negara - CekoNama Nama Negara - Ceko © 2021 Mikael Root from Pexels

Eropa Tengah adalah konsep sejarah bersama yang kontras dengan wilayah sekitarnya, bukan entitas fisik.

Albania – Ibukota Tirana

Ada lebih banyak orang Albania yang sekarang tinggal di luar negeri daripada di dalam wilayahnya sendiri. Diperkirakan, ada tujuh sampai sepuluh juta warga yang pindah keluar negeri sementara negara tersebut kini hanya dihuni oleh tiga juta warganya saja.

Bulgaria – Ibukota Sofia

Kebalikan dari yang lain, orang Bulgaria menggelengkan kepala untuk bilang 'ya' dan menganggukan kepala untuk menyatakan 'tidak'.

Bosnia Herzegovina - Ibukota Sarajevo

Negara ini dijuluki 'Tanah Berbentuk Hati' karena bentuk negaranya yang hampir mirip seperti hati. Diantara nama nama negara di dunia, Bosnia Herzegovina punya masalah ranjau yang paling parah. Setidaknya da 200 ribu ranjau yang harus dibersihkan sebagai sisa perang.

Ceko - Ibukota Praha

Ada lebih dari 2000 kastil dan puri di Republik Ceko, lebih banyak daripada nama nama negara lainnya di Eropa. Kastil kuno terbesar di dunia adalah Kastil Praha, dengan panjang 570m dan lebar 128m.

Hongaria - Ibukota Budapest

Berbeda dengan yang lainnya, mendentingkan gelas bir dianggap nggak sopan di sini. Menurut legenda, ketika revolusi Hungaria 1848 melawan Habsburg dikalahkan, sebanyak 13 jenderal Hungarian dieksesi. Setiap eksekusi diakhiri dengan mendentingkan gelas bir. Sejak saat itu, mereka bersumpah buat nggak perayaan dengan bir selama 150 tahun dan masih menjadi kebiasaan hingga kini.

Kroasia - Ibukota Zagreb

Serial hits 'Game of Thrones' melakukan syuting di pantai Dalmatian di Kroasian. Menurut Alfred Hitchcock, kota tepi laut Zadar di Dalmatia menyandang predikat sebagai tempat matahari terbenam terbaik di dunia.

Makedonia Utara - Ibukota Skopje

Makedonia Utara adalah satu-satunya dalam dafar nama nama negara di dunia yang mendapatkan kemerdekaan dari Yugoslavia tanpa menumpahkan setetes darah pun.

 

10 dari 10 halaman

Nama Nama Negara - MontenegroNama Nama Negara - Montenegro © 2021 Pedro Szekely / WikiMedia Commons

Montenegro - Ibukota Titograd

Orang-orang di sini menjalani hidup dengan santai. Bahkan mereka punya pepatah untuk ini, diantaranya :
“Cintailah ranjangmu seperti kamu mencintai dirimu sendiri”
“Jika kamu melihat seseorang beristirahat, bantulah dia”
“Jika kamu punya keinginan untuk bekerja, duduklah, tunggu dan kamu akan melihatnya akan berlalu.”

Rumania - Ibukota Bukares

Fosil Homo sapiens paling awal, hingga sekarang, ditemukan pada tahun 2002 di Rumania barat daya, di Gua Tulang. Usia fosil diperkirakan 37.800 hingga 42.000 tahun.

Polandia - Ibukota Warsawa

Fakta ini diperdebatkan oleh orang Rusia, tapi diyakini kalau vodka ditemukan di Polandia. Penyebutan tertulis pertama ditemukan dalam dokumen pengadilan Polandia dari tahun 1405. Dan awalnya, vodka digunakan sebagai obat

Slovakia - Ibukota Bratislava

Apakah kamu sering bingung antara Slovaki dengan Slovenia? Ternyata banyak juga orang yang mengalaminya lho! Samia sampai nih staf kedutaan Slovakia dan Slovenia punya pertemuan sebulan sekali untuk menukar surat yang salah alamat.

Slovenia - Ibukota Ljulbjana

Slovenia adalah negara yang dipenuhi dengan keajaiban alam yang indah. Mereka punya jumlah gua tertinggi di dunia, yakni lebih dari 10 ribu. Lebih dari separuh negara ditutupi dengan hutan.

Serbia - Ibukota Belgrado

Berbagai survei yang dilakukan menyebut bahwa diantara nama nama negara di dunia, Serbia adalah yang paling ramah. Standar keramahan mereka yang sempurna dapat ditelusuri kembali ke kepercayaan Slavia kuno bahwa para dewa tidak akan menyukai tuan rumah jika seseorang tidak ramah kepada tamu.

Mempelajari nama nama negara di Eropa beserta fakta unik tentang mereka jadi bikin pengen liburan keliling dunia, kan?

Join Diadona.id