Negara Ini Dapat Julukan Sebagai Nerakanya Para Perokok loh, kenapa ya?

Reporter : Nasa
Kamis, 17 September 2020 11:35
Negara Ini Dapat Julukan Sebagai Nerakanya Para Perokok loh, kenapa ya?
Negara mana ya?

Singapura dikenal sebagai salah satu negera dengan kemajuan pesat dibanding negara-negara di Asia Tenggara. Sebagai negara jujugan wisata turis mancanegara, Singapura dikenal sangat ketat terkait dengan kebijakan lingkungan.

Gak heran kalau Singapura disebut sebagai salah satu negara paling bersih di Asia Tenggara atau bahkan di Asia. Kalau sampai berani buang sampah sembarangan, kamu harus siap-siap bayar denda dengan nominal fantastis.

Selain itu, Singapura ini juga negara yang dapat julukan sebagai nerakannya para perokok. Negara yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini melarang dengan tegas para perokok untuk merokok di tempat umum.

Menurut laman Singapore Guide Book, Singapura aturan jelas batas usia perokok minimal 18 tahun. Namun ada juga yang menyebut kalau batasnya sudah dinaikkan menjadi 21 tahun. Kemudian sejak 2018, penggunaan vapor di Singapura ditetapkan sebagai tindakan ilegal.

1 dari 2 halaman

Zona Merokok Sangat Sedikit

Singapura Terapkan Kebijakan Super Ketat Bagi Perokok © Diadona

Nah buat kamu yang sudah pernah berkunjung ke Singapura mungkin sudah gak asing dengan aturan larangan merokok di Orchard Road. Kabarnya sejak 2018, kawasan pusat belanja favorit wisatawan tersebut diubah menjadi kawasan bebas rokok.

Setidaknya hanya ada enam titik di sekitar Orchard Road yang bisa digunakan sebagai tempat untuk merokok. Lokasinya ada di belakang stasiun MRT Somerset, Cuppage Terrace, Orchard Towers, Far East Plaza, dan The Heeren.

2 dari 2 halaman

Singapura Terapkan Kebijakan Super Ketat Bagi Perokok © Diadona

Uniknya lagi, zona merokok di kawasa Orchard Road ternyata berupa ruangan tertutup dengan ukuran yang tak seberapa besar. Kebayang gak tuh engapnya kayak apa. Pembatasan luar biasa bagi para perokok tersebut sempat menuai pro kontra.

Pasalnya, para perokok di Singapura juga sempat berunjuk rasa karena diperlakukan tidak manusiawi. Apalagi dengan nominal denda pelanggaran yang terbilang fantastis. Yakni mencapai ribuan dolar Singapura.

Gimana nih menurutmu? Suka kawasan sama bebas rokok? Atau jadi simpati sama perokoknya?

Beri Komentar